Ada Berapa Ounce Dalam Satu Cangkir? Begini Cara Konversinya.

ada berapa ounce dalam satu cangkir

Salah satu pertanyaan paling umum dan mungkin juga Anda pikirkan ketika mencoba resep baru di dapur adalah “Ada Berapa ounce dalam satu cangkir?” saat dikonversikan dengan bahan yang akan digunakan.

Khusus bagi Barista maupun Chef wajib tahu takaran ada berapa ounce dalam satu cangkir ini, karena sebagian besar resep yang ditemukan baik di majalah maupun buku masak menentukan jumlah bahan yang digunakan saat menggunakan unit pengukuran tersebut namun ada juga yang berbeda.

Sementara resep lain mungkin menginstruksikan Anda untuk menggunakan bahan dalam ons, gram, dan liter, beberapa resep mungkin mengukur jumlah ini menggunakan peralatan dapur sederhana seperti sendok teh, sendok makan, dan banyak lagi. dan cangkir memiliki referensi.

Dapat membingungkan melihat begitu banyak metode dan unit pengukuran yang berbeda di meja dapur. Tapi sama seperti masalah lain di dunia, yang satu ini punya solusinya.

Anda juga dapat melakukan perhitungan dan konversi ini secara mental. Namun, jelas ada masalah dengan kepraktisan solusi ini. Kebanyakan orang tidak dapat melakukan perhitungan ini dengan cepat karena tidak semuanya adalah ahli matematika alami.

Oleh karena itu, pendekatan paling praktis untuk memecahkan masalah ini adalah dengan memecahnya menjadi bagian-bagian yang dapat diatur, menggunakan metode konversi yang dapat diterima, dan menghitung secara akurat ada berapa ounce dalam satu cangkir.

Meskipun menggunakan bahasa yang sama, satuan ini memiliki nilai yang berbeda. Nilai pasti dari setiap unit akan bervariasi tergantung pada jenis pengukuran yang Anda buat.

apakah Anda mengukur sesuatu yang kering (menggunakan berat) atau cair (menggunakan volume) dan jenis sistem pengukuran apa yang Anda gunakan (baik sistem metrik Inggris atau sistem imperial AS).

Berikut ini cara cepat mengonversi ons dan cangkir untuk digunakan dalam berbagai resep. Selain itu, Anda dapat menemukan bagan konversi siap pakai untuk beberapa konversi yang paling umum.

Apa itu ounce?

Salah satu unit terkecil untuk mengukur massa, berat atau volume adalah ons. Baik sistem metrik Inggris dan sistem kekaisaran Amerika menggunakannya secara ekstensif untuk tujuan ini. Satuan ini, yang berasal dari kata Italia dan Spanyol “onza”, disebut dengan singkatan “oz”.

Meskipun ons sering digunakan secara bergantian, sebenarnya ada dua jenis ons yang berbeda: ons kering dan ons cair.

Ada Berapa Ounce dalam Satu Cangkir?

Beberapa ukuran cangkir digunakan di seluruh dunia. Cangkir ini dibuat bertahun-tahun yang lalu. Itu berasal dari Zaman Perunggu awal dan telah digunakan selama bertahun-tahun. Hal ini diperlukan untuk mengkonsumsi makanan dan cairan. Pada masa itu, cangkir digunakan untuk minum dan makan.

Sampai abad ke-19, ukuran cangkir tetap tidak diketahui. Tidak ada skala universal atau konsensus di antara negara-negara tentang ada berapa ounce dalam satu cangkir tersebut. Karena perdagangan dunia belum mencapai puncaknya dan orang-orang tidak mengetahui ukuran standar, orang-orang di seluruh dunia membuatnya dalam ukuran mereka sendiri.

Pada akhir abad ke-19, orang-orang menyadari bahwa harus ada ukuran standar untuk hampir semua hal sehingga akan ada lebih sedikit hambatan kecil untuk perdagangan dan produksi skala besar. Ketika dunia berkembang dan perdagangan menjadi lebih global.

Apa yang membedakan cangkir ukuran Amerika dan Inggris?

Ada Berapa Ounce Dalam Satu Cangkir

Sistem pengukuran khusus yang Anda gunakan harus diperhitungkan saat membuat konversi apa pun untuk satuan pengukuran. Sistem imperial atau sistem metrik dapat digunakan.

Di Amerika Serikat, sistem ukuran kekaisaran sering diterapkan. Sedangkan sistem pengukuran metrik lebih umum di Inggris. Di beberapa bagian Inggris, sistem kekaisaran yang agak dimodifikasi juga digunakan, tetapi penggunaan ini jarang terjadi.

Dikutip dari situs https://qastack.id cangkir yang beredar di US terbagi menjadi 3 jenis, yaitu: kecil, sedang, dan besar. berikut jawabannya:

  1. Ada berapa ounce dalam satu cangkir kecil? Jawabannya adalah 6 oz.
  2. Ada berapa ounce dalam satu cangkir sedang? Jawabannya adalah 8 oz.
  3. Ada berapa ounce dalam satu cangkir besar? Jawabannya adalah 10 oz.

Sedangkan menurut pendapat Bobpaul, ada berapa ounce dalam satu cangkir di AS secara universal adalah 5 oz. Hal tersebut berlaku dari pembuat merek Mr. Coffe Tahun 1970-an.

Ukuran cangkir berbeda di AS dan Inggris. 240 ml atau 8,45 ons cairan merupakan satu cangkir AS. Sebaliknya, satu cangkir di Inggris setara dengan 250ml atau 10 ons cairan. Negara-negara termasuk Kanada, Selandia Baru dan Australia juga menggunakan ukuran cup UK.

Saat mengikuti resep AS atau Inggris, ingatlah hal berikut.

USA

236,59 ml atau 8 US fl oz adalah satu cangkir.

8,327 mililiter atau 236,59 mililiter sama dengan satu cangkir AS.

Inggris

1 cangkir UK sama dengan 284,13 ml (10 ons UK).

1 cangkir UK sama dengan 284,13 ml (9,607 fl oz).

Internasional

250 mililiter, atau 8.454 ons cairan, merupakan satu cangkir internasional.

250 ml sama dengan 8,799 ons Inggris dalam cangkir metrik.

Karena setiap negara lain menggunakan sistem metrik, Anda akan melihat semua jenis perbedaan dalam nilai-nilai ini. Misalnya cangkir AS sama dengan 8 ons, cangkir di Jepang sama dengan 6,7 ons (200 ml), dan cangkir di Kanada sama dengan 7,6 ons (227 ml).

Dengan cairan, jawabannya sederhana dan mudah diingat. Cairan diukur dalam ons cairan, dan ada 8 ons cairan dalam 1 cangkir. Ini berlaku untuk semua cairan. Jadi;

  • 1/8 cangkir = 1 Ons
  • 1/4 cangkir = 2 Ons
  • 1/3 cangkir = 2 Ons
  • 1/2 cangkir = 4 Ons
  • 2/3 cangkir = 5 Ons
  • 1 cangkir = 8 Ons
  • 1 cangkir = 12 Ons
  • 2 Cangkir = 16 Ons
  • 2 Cangkir = 20 Ons
  • 3 Cangkir = 24 Ons
  • 4 Cangkir = 32 Ons

Jadi  ada berapa ounce dalam satu cangkir, jawaban sederhananya adalah tergantung pada apa yang Anda mau ukur. Dalam hal bahan cair, konversinya mudah tetapi dengan bahan kering semuanya menjadi sedikit lebih berbelit-belit.

Jawaban atas pertanyaan ini juga tergantung pada sistem pengukuran negara Anda dan sifat bahan yang Anda ukur. Misalnya, di AS, 1 cangkir sama dengan 8 ons. Di Inggris, 1 cangkir sama dengan 10 ons.

Akhirnya, jumlah ons dalam cangkir ditentukan oleh bahan-bahan dalam cangkir. Cangkir mungkin memiliki volume yang sama tetapi beratnya berbeda.

Pos terkait