5 Tips Diet Sehat

Ilustrasi (dok. pixabay)

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Banyak orang melakukan diet ketat untuk menurunkan berat badan, dan terkadang sebagian diantaranya mengesampingkan masalah kesehatannya. Asalkan bisa turun berat badan dengan cepat.

Padahal, ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan, melalui diet yang sehat.

Ahli Gizi UGM, Mirza Hapsari Sakti Titis Penggalih mengatakan, diet yang sehat dapat dilakukan dengan pengaturan pola makan yang memperhatikan prinsip gizi seimbang.

“Meski membatasi jumlah konsumsi makanan, tetapi makanan yang dikonsumsi harus memiliki kontribusi lengkap untuk sumber karbohidrat, protein, lemak, sayur dan buah sebagai sumber vitamin dan mineral,” kata Mirza sebagaimana dilansir dari laman ugm, baru-baru ini.

Menurutnya, agar program diet yang dilakukan sukses menurunkan berat badan, dan kondisi tetap sehat, maka ada lima cara yang perlu dilakukan.

1. Lakukan aktifitas fisik atau olahraga.

Diet yang dibarengi olahraga akan membantu proses pembakaran kalori dalam tubuh. Olahraga yang dilakukan mengacu pada prinsip FITD yakni Frekuensi, Intensitas, Tipe, dan Durasi.
“Setidaknya olahraga dilakukan 3 kali dalam seminggu, dengan intensitas dan durasi yang disesuaikan dengan kondisi tubuh serta memilih jenis olahraga yang sesuai dengan kondisi tubuh,” jelasnya.

2. Membatasi konsumsi gula, garam, dan lemak

Batasan asupan gula, garam, dan lemak per hari menurut Kemenkes adalah empat sendok makan gula, satu sendok teh garam, serta lima sendok makan lemak.

“Gula hampir ada disetiap makanan. Garam banyak di makanan siap saji, dan lemak itu dari olahan yang digoreng,” sambung Mirza.

3. Meningkatkan asupan buah dan sayur

Saat diet, asupan kalori dari sumber karbohidrat perlu dikontrol sehingga konsumsi sayur dan buah perlu ditingkatkan untuk menutupi kekurangan kalori. Dengan begitu badan bisa tetap bugar dan optimal beraktivitas.

4. Membatasi asupan karbohidrat

Kebutuhan karbohidrat setiap orang akan berbeda-beda, tergantung dari jenis kelamin, usia, tinggi dan berat badan, tingkat aktivitas, serta kebutuhan kalori hariannya.
Namun umumnya, wanita membutuhkan sekitar 1.900-2.100 kalori. Sedangkan pria membutuhkan sekitar 2.100-2.400 kalori. Sementara anjuran untuk mengonsumsi karbohidrat bagi orang dewasa umumnya sekitar 300 gram per hari.

“Saat melakukan diet, maka asupan karbohidrat bisa dikurangi setengahnya. Misalnya, jika dalam bentuk dua centong nasi, maka dikurangi menjadi satu centong saja,” ucapnya.

5. Berpuasa

Berpuasa bisa membantu menurunkan berat badan karena frekuensi makan menjadi lebih sedikit dari hari-hari biasanya.

Diet berpuasa ini juga dikenal dengan istilah intermitten fasting dengan mengurangi asupan kalori pada hari-hari tertentu.

“Ada yang puasa setiap 2-3 hari sekali per minggu dan diselang-seling,” terangnya.

Selain itu Mirza juga menyarankan, agar dalam menjalankan program diet dilakukan melalui konsultasi atau pendampingan dengan tenaga profesional. Sebab, program diet antar satu individu dengan individu lainnya tidak bisa disamaratakan, melainkan perlu memerhatikan kondisi tubuh masing-masing individu.

Termasuk, kata dia, selalu disiplin dan mengingat tujuan atau niat awal melakukan diet. Sebab, sebagian besar kegagalan program diet itu karena ketidakdisiplinan saat menjalankan program. (Ed-01)

Pos terkait