Jenazah Adik Kandung Sultan HB X akan Dimakamkan Besok

  • Whatsapp

Salah satu buket ucapan duka cita di rumah duka almarhum KGPH Hadiwinoto. (dok. istimewa)

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Jenazah Kanjeng Gusti Pangeran Haryo (KGPH) Hadiwinoto akan dimakamkan pada Kamis (1/4/2021) besok.

Bacaan Lainnya

Kabar tersebut sebagaimana disampaikan pihak keluarga almarhum pada, Rabu (31/3/2021).

“Jenazah akan kami kebumikan di Pemakaman Keluarga Pasareyan Hastorenggo, Kotagede, pada Kamis (01/04) pukul 10:00 WIB,” kata pihak keluarga almarhum.

Dalam suasana berkabung ini atas wafatnya Lurah Pangeran sekaligus Penghageng Kawedanan Hageng Panitikismo Keraton Yogyakarta ini, maka gamelan keraton tidak diperkenankan untuk dibunyikan selama 3 hari ke depan.

Sementara Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Kadarmanta Baskara Aji mengungkapkan bahwa Pemda DIY kehilangan sosok yang sangat mengusai tentang bidang pertanahan di DIY.

“Penguasaannya di bidang pertanahan sangat mumpuni sehingga menjadi kamus bagi kami tentang informasi-informasi pertanahan, khususnyatanah-tanah kasultanan,” tegas Aji di Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Rabu (31/3/2021).

Mantan Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) DIY ini juga menggaku, tiga hari lalu, pihaknya sempat menggelar rapat dengan Gusti Hadi tentang pertanahan DIY. Aji menyatakan, pada saat ini, adik kandung Sultan Hamengku Bowono X tersebut terlihat masih sehat.

Di lain pihak, Kepala Bagian (Kabag) Hukum dan Hubungan Masyarakat (Hukmas) RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta, Banu Hermawan menyatakan, sebelum wafat, Gusti Hadi terkena serangan jantung dan menjalani perawatan intensif di RS.

Saat ini, Jenazah masih disemayamkan di rumah duka, di Jl. Kenari Gg. Tanjung VII UH 2/322 Yogyakarta. (Rep-03)