2017, Gelandangan dan Pengemis Psikotik di Yogyakarta Dimasukkan Pusat Rehabilitasi

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Pemerintah Daerah (Pemda) Daerah Istimewa Yogyakarta telah menyiapkan pusat rehabilitasi untuk gelandangan dan pengemis (gepeng) yang mengalami gangguan jiwa (psikotik). Program tersebut akan direalisasikan pada 2017.

Kepala Dinas Sosial DIY Untung Sukaryadi menjelaskan, saat ini seluruh gepeng akan dilakukan assesment oleh tim dari Dinas Sosial yang memiliki latar belakang psikiater dan pekerja sosial. Hasil assesment tersebut akan dikeluarkan dalam bentuk rekomendasi terhadap setiap gepeng.

Bacaan Lainnya

“Identifikasi gepeng ini akan dilakukan secara maksimal, karena pada 2017 akan ada pusat rehabilitasi khususnya untuk gepeng psikotik,” ujar Untung belum lama ini.

Namun, Untung masih merahasiakan lokasi pusat rehabilitasi gepeng psikotik dengan alasan dikhawatirkan terjadi pro kontra di lingkungan tempat pusat rehabilitasi yang bakal digunakan tersebut.

Untung berharap masyarakat DIY menyadari bahwa masalah gepeng psikotik adalah masalah bersama yang harus disikapi secara kemanusiaan. Sehingga jangan sampai ada pihak yang membangun opini negatif terhadap orang psikotik.

(Sumber: harianjogja.com/ Ed-02)

Pos terkait