DIY Kejar Target Vaksinasi Lansia

  • Whatsapp

Kadinkes DIY, Pembajun Setyaningastutie (dok. screenshot zoom)

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Pemerintah Daerah (Pemda) DIY menargetkan, hingga akhir bulan September 2021 ini, minimal 60 persen warga lanjut usia (lansia) sudah mengikuti vaksinasi dosis pertama.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DIY, Pembajun Setyaningastutie mengatakan, salah satu syarat dari pemerintah pusat untuk menurunkan level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) adalah cakupan vaksinasi dosis 1 minimal 60 persen lansia.

“Lansia kita ada di posisi 58.78 persen,” kata Pembajun dalam konferensi pers virtual tentang Target Kebijakan, serta Percepatan Pelaksanaan Vaksinasi di DIY, pada Rabu (22/9/2021).

Selain itu, menurutnya, meski kasus Covid-19 terbanyak di DIY pada usia produktif, namun angka kematian tertinggi dari kalangan lansia.

Pembajun menduga, masih rendahnya vaksinasi di kalangan lansia ini karena adanya ketakutan mereka untuk keluar rumah. Oleh karena itu, pihaknya mengupayakan, agar para lansia yang bersedia mengikuti vaksinasi mendapatkan semacam penghargaan, berupa bingkisan maupun dalam bentuk lainnya. Termasuk juga kesediaan para petugas melakukan jemput bola memvaksinasi mereka.

Pihaknya juga berharap agar Dinkes di kabupaten/kota turut mendukung percepatan vaksinasi bagi lansia di DIY. Mengingat, kabupaten/kota memiliki peranan penting untuk mendorong warganya untuk divaksin.

Sementara itu, Kabid Dokkes Polda DIY, Kombes Pol. Is Arifin menambahkan, guna mempercepat program vaksinasi di masyarakat, kepolisian di masing-masing Polres melaksanakan mobile vaksinasi yang menjangkau masyarakat hingga ke level terbawah.

Kabid Dokkes Polda DIY, Kombes Pol. Is Arifin (dok. screenshot zoom)

Is mengungkapkan, Polda DIY mempunyai tanggung jawab untuk melakukan vaksinasi kepada 20 persen dari total sasaran vaksinasi provinsi. Hanya saja, Is mengaku, Polda DIY masih membutuhkan pasokan vaksin jenis Sinovac sebanyak 13.922 dosis untuk bulan September ini. Sedangkan di bulan Oktober mendatang, kebutuhan vaksin jenis Sinovac sebanyak 13.828 dosis, dan Astra Zeneca 3.172 dosis guna menggelar vaksinasi massal dosis 2 bagi masyarakat.

Pihaknya memaparkan, berdasarkan hasil pelaksanaan vaksinasi Polda DIY sepanjang Bulan Januari hingga 21 September 2021, tercatat vaksinasi dosis 1 sudah diberikan sebanyak 205.142, dosis 2 sejumlah 90.795, dan 215 untuk dosis 3 yang tersebar di lima Polres, Biddokkes, dan RS Bhayangkara (Rep-01).

Pos terkait