Ini 12 Event Pariwisata Unggulan Yogyakarta Tahun 2023

Ilustrasi: Ngayogjazz 2022 (dok. kabarkota.com)

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta melalui Dinas Pariwisata (Dispar) akan mengadakan Launching Kalender Semarak Event Pariwisata Yogyakarta (Laksmita) untuk tahun 2023 mendatang.

Kepala Dispar Kota Yogyakarta, Wahyu Hendratmoko mengatakan, Laksmita merupakan re-branding Calender of Event (CoE) yang akan menampilkan 12 event unggulan dari 60 event di Kota Yogyakarta pada tahun 2023.

Rencananya, Laksmita akan dilaksanakan di Pintu Barat Kompleks Kepatihan Yogyakarta, pada 25 November 2022, pukul 18.00 WIB.

“Penampilan cuplikan 12 event unggulan tersebut diperagakan oleh para seniman atau penampil,” kata Wahyu dalam siaran pers, Rabu (23/11/2022).

Lebih lanjut pihaknya menjelaskan, Laksmita 2023 menjadi salah satu program strategis Dispar dalam mempromosikan pariwisata melalui event untuk meningkatkan kunjungan wisatawan dan lama tinggal wisatawan. Sekaligus, memudahkan akses informasi pariwisata di Kota Yogyakarta.

“Konsep yang diambil pada pelaksanaan Laksmita 2023 adalah modern tradisional,” imbuhnya.

Unsur modern, papar Wahyu, akan didapatkan dari penggunaan modern lighting dan videotron guna memperkuat visualisasi para seniman/penampil saat pertunjukan. Sedangkan unsur tradisional diwujudkan melalui tari-tarian dan pengambilan warna Pareanom.

“Pareanom melambangkan warna khas Kota Yogyakarta yakni hijau-kuning yang memiliki filosofi semangat jiwa muda dan kesuburan tanah air untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat,” jelasnya.

Pemkot berharap, dengan banyaknya penyelenggaraan event di Kota Yogyakarta, maka dapat menjadi daya tarik wisata. Sekaligus, menggerakkan ekonomi daerah, serta mampu membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Adapun 12 event unggulan dalam Laksmita 2023 yaitu Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta XVIII (Januari), Jogja Cross Culture (Mei), Pawai Alegoris Harmoni Jogja (Juni), ARTJOG 2023 (Juli), Prambanan Jazz 2023 (Juli), Pasar Kangen (Agustus), Sumonar Fest 2023 (September), Wayang Jogja Night Carnival #8 (Oktober), Kustomfest (Oktober), Biennale Jogja (Oktober), Malioboro Coffee Night #5 (Oktober), dan NGAYOGJAZZ (November). (Ed-01)

Pos terkait