Ketinggalan Kereta, Penumpang Terjatuh di Stasiun Yogya

Ilustrasi (dok. kabarkota.com)

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daops) 6 Yogyakarta membenarkan adanya penumpang kereta api yang terjatuh saat berusaha masuk ke dalam kereta yang bergerak di stasiun Yogyakarta, pada 18 September 2022.

Hal tersebut sebagaimana disampaikan Manajer Humas KAI Daop 6 Yogyakarta, Franoto Wibowo, terkait beredarnya video penumpang kereta api yang diduga terjatuh saat memaksa masuk ke dalam kereta yang bergerak.

“Memang benar peristiwa terjadi pada hari Minggu (18/9) kemarin. Dia penumpang KA Bangunkarta relasi Jombang-Pasar Senen,” jelas Franoto melalui pernyataan tertulisnya, Senin (19/9/2022).

Franoto menjelaskan, penumpang sebelumnya sudah berada di kereta dan ketika kereta berhenti di Stasiun Yogyakarta, ia turun membeli makanan. Pada saat kembali, kereta sudah melaju dan ditahan petugas keamanan agar tidak naik, namun penumpang tetap berusaha naik sehingga akhirnya satu kakinya terjatuh ke sela-sela antara peron dan kereta.

Petugas stasiun membawanya ke Pos Kesehatan di stasiun untuk mendapatkan pertolongan pertama dan segera menghubungi Klinik Mediska agar penyediaan ambulance untuk membawanya ke rumah sakit Panti Rapih,” paparnya.

Untuk itu pihaknya menekankan, pentingnya para penumpang untuk mematuhi arahan petugas demi keselamatan bersama.

“Jika penumpang ada keperluan mendesak sehingga harus turun di stasiun, sebaiknya berkoordinasi terlebih dahulu dengan petugas di KA,” harapnya.

Terlebih, lanjut Franoto, nomor telepon petugas yang berdinas juga selalu ada di dinding kereta untuk memudahkan pertukaran informasi.

Lebih lanjut, pihaknya mengatakan, kereta berhenti untuk turun naik penumpang di stasiun rata-rata hanya 3-5 menit. Hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah memperhitungkan waktu kedatangan ke stasiun ketika akan berangkat menggunakan KA.

“Penumpang kereta sebaiknya tidak datang terlalu dekat dengan waktu keberangkatan kereta,” pintanya.

Sebelumnya, sebuah video seorang penumpang yang diduga terjatuh di stasiun saat hendak masuk ke dalam KA yang berjalan, beredar di media sosial twitter dan diunggah oleh akun merapi_uncover, pada 19 September 2022. (Ed-01)

Pos terkait