Pemkot Yogya akan Gelar 2 Kali Salat Id Idul Adha

Jumpa pers persiapan Idul Adha di Kompleks Balaikota Yogyakarta, Kamis (7/7/2022). (dok. kabarkota.com)

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta akan menggelar dua kali salat id Idul Adha 1443 H/2022.

Ketua Panitia Hari Besar Islam Masjid Pangeran Diponegoro (PHBI MPD) Kompleks Balaikota Yogyakarta, Muchtasor mengatakan, digelarnya dua kali salat id tersebut memfasilitasi masyarakat muslim yang akan merayakan Idul Adha pada waktu yang berbeda, yakni tanggal 9 Juli dan 10 Juli 2022 mendatang.

Keputusan tersebut diambil, dengan mengacu pada Pengumuman Pemerintah tentang Pelaksanaan Sholat Idul Adha 1443 H/2022 M tanggal 10 Juli 2022, serta perkembangan informasi di masyarakat bahwa pelaksanaan Sholat Idul Adha pada tanggal 9 Juli 2022.

“Kami sudah berkoordinasi dengan beberapa SKPD…intinya, kami sudah siap memfasilitasi kedua pelaksanaan Hari Raya Idul Qurban itu,” tegas Muchtasor dalam jumpa pers di Kompleks Pemkot Yogyakarta, Kamis (7/7/2022).

Rencananya, salat id akan digelar pada pukul 06.00 WIB. Pertama, pada hari Sabtu, 9 Juli 2022, salat id akan digelar di Lapangan Balaikota Yogyakakarta dengan Imam, Ustadz Muhammad Wafi Abdul Qudus, dan Khatib, Andi Darmawan. Sedangkan pada hari Ahad, 10 Juli 2022, salat id akan digelar di dalam Masjid Pangeran Diponegoro Kompleks Balaikota Yogyakarta, dengan imam, Ustadz Umar Izul Haq, dan Khatib, KH. Sholahudin Mansyur.

Sementara itu, Hibnu Basuki dari Sub Bagian Bina Mental Bagian Kesra Pemkot Yogyakarta menambahkan, untuk kapasitas tempat salat id sekitar 800 jamaah, baik di lapangan maupun Masjid Pangeran Diponegoro.

“Kami menyediakan parkir kendaraan bagi jamaah salat id sepanjang Jl. Ipda Tut Harsono,” imbuhnya.

Alur masuk jamaah salat id, lanjut Hibnu, akan diarahkan melalui pintu Timur Balaikota atau depan Gedung PKK Kota Yogyakarta atau pun pintu lain berdasarkan koordinasi antara PHBI MPD dengan Satpol PP. (Ed-01)

Pos terkait