Fitur Keren Temukan Perangkat Saya untuk HP Apple dan Android, Begini Cara Kerjanya.

temukan perangkat saya
Fitur temukan perangkat saya dapat membantu menemukan HP yang hilang. (Foto: GekaSkr/yayimages.com)

Dengan menggunakan fitur temukan perangkat saya, dapat dengan mudah menemukan ponsel Android atau iPhone Anda yang mungkin lupa tempat terakhir menyimpannya.

Google telah mengembangkan aplikasi pelacakan selulernya sendiri, dengan tersedianya banyak aplikasi pelacakan pihak ketiga gratis. Sementara Apple masih menggunakan iCloud.

Temukan Perangkat Saya : Pelacakan Ponsel Menjadi Mudah

Apakah ponsel Apple iPhone atau Android Anda hilang ? Mayoritas pengguna kemudian mengambil pendekatan pragmatis dan memanggil perangkat yang hilang menggunakan telepon rumah atau ponsel lainnya.

Namun bagaimana jika bel ponsel tidak berdering?, maka hanya ada satu hal yang harus dilakukan Gunakan fitur “Temukan Perangkat Saya”.

Untuk menemukan ponsel Anda dalam keadaan darurat , Anda harus terlebih dahulu mengaktifkan fungsi lokasi pada perangkat.

Temukan Perangkat Saya : Pelacakan Ponsel Dengan dan Tanpa GPS

temukan perangkat saya
Lacak menggunakan GPS. (Foto: cottonbro/pexels.com)

Jika Anda telah mengaktifkan layanan lokasi di ponsel cerdas Anda, Anda dapat melacak ponsel yang salah tempat menggunakan ponsel cerdas atau komputer lain .

Tidak ada bedanya apakah GPS pada ponsel yang hilang dihidupkan atau tidak. Beberapa fungsi berhubungan dengan lokasi, GPS adalah salah satunya. Tetapi juga sistem ponsel menggunakan data WLAN , yang mungkin juga dapat membantu menemukan ponsel dengan GPS terputus.

Semakin banyak teknik yang dapat digunakan pada ponsel Android atau iOS untuk mencari lokasi, semakin tepat lokasi dapat ditentukan.

Cara terbaik untuk menemukan ponsel yang hilang adalah dengan menggunakan PC atau notebook , tetapi Anda juga dapat menggunakan ponsel atau tablet kedua .

Cara Menggunakan Fitur Temukan Perangkat Saya

Temukan Perangkat Android

Untuk beberapa generasi Android, Google juga menyertakan fungsi lokasi bawaan. Anda harus masuk ke ponsel cerdas Anda dengan akun Google Anda dan lokasi harus diaktifkan.

Cara menggunakannya biasanya bervariasi tergantung pada versi Android Anda. Langkah-langkahnya sebagai berikut :

Masuk ” Setelan Google”, atau ketuk “Setelan/Google”
Lalu pilih menu ” Lokasi ” atau ” Keamanan & Lokasi “.
Aktifkan “Lokasi dengan akurasi tinggi “.

Fitur “Temukan perangkat saya ” kemudian harus diaktifkan. Anda dapat menemukannya di bagian” Keamanan Google ” atau “Keamanan & Lokasi”, tergantung pada versi Android Anda.

Dengan layanan Google Temukan perangkat saya,  Anda dapat dengan mudah masuk dengan akun Google dan kemudian menampilkan lokasi ponsel terakhir yang terdaftar di peta.

Temukan Perangkat iPhone

Hal yang sama berlaku untuk iPhone , jika Anda mengaktifkan lokasi perangkat , Anda akan siap jika terjadi kehilangan .

Lokasi diaktifkan oleh iCloud dan menggunakan ID Apple , akun pengguna Apple utama. Langkah-langkahnya sebagai berikut :

Buka “iCloud” di “Pengaturan”
Di bawah ” ID Apple ” dan nyalakan “Temukan iPhone saya ”

Setelah diaktifkan, Anda dapat menggunakan iCloud untuk menemukan iPhone Anda dari browser apa pun. Cukup masuk dengan ID Apple yang digunakan di iPhone , dan layanan akan menampilkan lokasi terakhir iPhone Anda yang diketahui di melalui peta

Temukan Perangkat Ponsel Samsung

Jika Anda ingin menemukan ponsel Samsung Anda, Anda dapat menggunakan “Temukan Perangkat saya”, layanan gratis dari pabrikan. Kami menunjukkan cara menemukan, mengunci, dan menghapus data pribadi dari jarak jauh di semua model Galaxy dan Note.

Anda memiliki dua opsi untuk menemukan ponsel Samsung dengan dua cara, pertama dilakukan dengan Google Device Manager yang dapat digunakan untuk semua ponsel Android dan kedua menggunakan layanan bawaan Samsung.

Pada halaman “Temukan Perangkat Saya” Anda harus terlebih dahulu membuat akun gratis dan kemudian jika kehilangan ponsel, Anda dapat membunyikannya dan menampilkan pesan atau memblokir akses sepenuhnya.

Samsung juga memiliki beberapa trik tambahan, yaitu jika pencuri menukar kartu SIM Ponsel, maka layanan lokasi secara otomatis mengirim SMS dan IMEI  dari baru ke ponsel yang telah didaftarkan sebelumnya. Dengan data ini polisi bisa melacak pemilik kartu SIM baru tersebut.

Hal Yang Bisa Dilakukan Setelah Menggunakan Fitur Temukan Perangkat Saya

temukan perangkat saya
Fitur temukan perangkat saya. (Foto: Katerina Holmes/pexels.com)

Apa yang Anda lakukan jika tidak bisa mendapatkan ponsel kembali dengan cepat?. Setelah menggunakan fitur temukan perangkat saya dan belum memberikan hasil maksimal, maka opsi selanjutnya adalah :

Mengunci telepon: Anda dapat mengunci telepon dari jarak jauh dan menampilkan pemberitahuan di perangkat melalui iCloud atau Perangkat Android. Misalnya, tinggalkan nomor telepon rumah Anda sehingga pencari yang jujur ​​dapat menghubungi Anda.

Memberi Sinyal: Anda dapat memainkan nada sinyal yang agak menonjol, jika seseorang berada di dekat ponsel Anda mereka bisa mendengarnya.

Hapus ponsel: Langkah terakhir hanya disarankan jika Anda cukup yakin bahwa Anda dapat menghapus ponsel. Anda juga dapat menghapus iPhone dan ponsel Android dari jarak jauh. Setelah Anda melakukannya, tidak mungkin lagi menemukannya lagi.

Cegah Pelacakan Ponsel

Mengaktifjan fungsi lokasi untuk ponsel memang sangat berguna melacak perangkat yang hilang, akan tetapi juga memiliki kelemahan.

Karena lokasi dijalankan melalui layanan Apple, Google, dan Microsoft , maka data lokasi dibagikan ke perusahaan teknologi tersebut. Mereka yang peduli tentang perlindungan data mungkin ingin mencegah hal ini.

Di layanan Google, data lokasi juga dikumpulkan melalui rekaman lokasi di akun Google, yang disebut riwayat lokasi.

Jadi langkah yang dapat lakukan agar keamanan tetap terjaga adalah tidak mengaktifkan layanan lokasi yang dijelaskan di atas melalui iCloud atau perangkat Android atau akun Microsoft.

Pos terkait