Kunjungan Wisata di Yogya Mendekati Normal, Okupansi Hotel Turun

Ilustrasi (dok. kabarkota.com)

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY, Deddy Pranowo Eryono mengatakan, kenaikan okupansi hotel di Kota Yogyakarta belum mencapai target yang diharapkan. Meskipun, Pemerintah Kota (Pemkot) mengklaim bahwa tingkat kunjungan wisatawan hampir mendekati kondisi normal sebelum pandemi Covid-19.

Menurut Deddy, dari target rata-rata yang diharapkan mencapai 90 persen hanya tercapai di bulan Juni 2022.

“Pada bulan Juli turun menjadi 85 persen. Sedangkan bulan Agustus ini hanya 50 persen dan masih di dominasi wisatawan Nusantara,” ungkap Deddy kepada kabarkota.com, Jumat (26/8/2022).

Sementara untuk kunjungan wisatawan manca negara yang sebelum pandemi sekitar 20 – 30 persen, saat ini persentasenya juga masih di bawah angka tersebut.

Namun demikian, Deddy menjelaskan bahwa memang peningkatan jumlah wisatawan tidak selalu berbanding lurus dengan tingkat okupansi hotel. Itu karena para wisatawan tidak selalu menginap, melainkan hanya berwisata kemudian pulang (one day trip).

Lebih lanjut Deddy berpendapat bahwa tingkat kunjungan wisatawan di Kota Yogyakarta bisa didongkrak dengan berbagai event seni dan budaya. Oleh karena itu, pihaknya berharap agar nantinya, event seperti Festival Prawirotaman bisa menunjukkan kebangkitan pariwisata di Kota Yogyakarta. Termasuk, mampu meningkatkan okupansi hotel, restoran, dan perekonomian masyarakat di sekitar Prawirotaman.

Sementara sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Yogyakarta, Wahyu Hendratmoko mengklaim, jumlah kunjungan wisatawan di Kota Yogyakarta telah mencapai sekitar 3.9 juta atau mendekati kondisi normal sebelum pandemi Covid-19. Sedangkan kunjungan turis asing, baru sekitar 10 persen dari total kunjungan wisatawan di Kota Yogyakarta.

“Itu jumlah yang tercatat. Sedangkan yang melakukan one day trip belum terhitung, jadi lebih bisa lebih banyak,” kata Wahyu di Kompleks Balaikota Yogyakarta, pada 25 Agustus 2022.

(dok. Humas Pemkot Yogyakarta)

Guna menambah daya tarik wisata di Kota Yogyakarta, kata Wahyu, pihaknya akan kembali menggelar event tahunan, Festival Prawirotaman, pada 27 Agustus 2022 besok. Waktu tersebut disesuaikan dengan puncak kunjungan wisatawan manca negara, sekaligus memeriahkan HUT RI ke-77.

Festival Prawirotaman tahun ini merupakan penyelenggaraan ke-10, sejak tahun 2013. Dengan mengangkat tema “Manunggal Mendunia”, festival tersebut akan digelar mulai pukul 14.00-21.45 WIB di Jalan Prawirotaman I dan Jalan Prawirotaman II.

Dengan konsep pertunjukan seni dengan cita rasa internasional. Ditampilkan dua panggung yaitu Nyawiji Stage dan Kaloka Stage. Event tersebut akan dimeriahkan dengan pawai kirab budaya, festival musik, fashion sow on the street, tari-tarian, serta orchestra. (Rep-01)

 

Pos terkait