20 unit bus eks TransJogja akan dilelang

Ilustrasi (youtube.com)

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta akan melelang 20 unit bus eks transjogja yang merupakan hibah dari pemerintah pusat, sejak 2007 lalu.

Kepala Seksi Inventariasi Tanah dan Bangunan Dinas Bangunan Gedung. Dan Aset Daerah (DBGAD) Kota Yogyakarta, Sunarno menjelaskan, dasar pelelangan tersebut diantaranya mengacu pada risalah persetujuan penghapusan 20 bus eks. TransJogja dari Walikota Yogyakarta, serta Surat Kepala KPKNL Yogyakarta tentang Penetapan Lelang, tertanggal 5 Agustus 2016.

Baca Juga:  Tips Mudik Aman Bersepeda Motor

Menurut Suharno, sebelum memutuskan pelelangan ini, sebenarnya ada beberapa opsi untuk menggunakan kembali kendaraan-kendaraan tersebut untuk operasional lainnya, namun pihaknya mengaku terkendala masalah plat kendaraan.

“Kalau Pemkot kan harus plat merah, kalau menggunakan plat kuning tidak diperbolehkan. Sementara dari dinas perhubungan sana (pusat), memberikan hibah ini klausulnya harus digunakan untuk moda transportasi massal kota sehingga selain itu tidak bisa digunakan,” jelas Suharno menanggapi pertanyaan kabarkota.com saat jumpa pers, di kompleks Pemkot Yogyakarta, Kamis (18/8/2016).

Baca Juga:  Jadwal Pemadaman Listrik di DIY per 9 Januari 2019

Lelang ini nantinya, lanjut Suharno, akan diperuntukkan bagi masyarakat secara umum, melalui pendaftaran lelang di Kantor KPKNL Jalan Kusuma Negara No. 11 Yogyakarta, pada 23 dan 24 Agustus 2016, dengan uang jaminan antara Rp 8,4 juta – Rp 10,3 juta per unit.

“Waktu melihat barang tanggal 19, 22 – 24 Agustus 2016 pada jam kerja, di sisi timur terminal penumpang Yogyakarta,” ujarnya.

Baca Juga:  4.5 Tahun "Diam", Jokowi: Hari Ini di Yogya, Saya akan Lawan!

Sementara untuk pelaksanaan lelang, rencananya digelar pada Kamis (25/8/2016) pekan depan, di Main Hall Grha Pandawa Kompleks Balaikota Yogyakarta, mulai pukul 10.00 WIB. (Rep-03/Ed-03)