355 Orang Ikuti Vaksinasi Booster di Lapas Wirogunan Yogya

Vaksinasi booster di Lapas Wirogunan Yogyakarta, 29 Januari 2022 (dok. humas Lapas Kelas IIA Yogyakarta)

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Sebanyak 355 orang mengikuti vaksinasi booster di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Yogyakarta atau Lapas Wirogunan, pada 29 Januari 2022.

Kepala Lapas Kelas IIA Yogyakarta, Soleh Joko Sutopo menyebutkan, peserta vaksinasi ketiga kali ini terdiri atas pegawai dan keluarga pegawai LP, serta masyarakat sekitar yang berusia di atas 18 tahun, lansia, penderita penyakit komorbid, dan orang dengan imun lemah (imunodefisiensi).

“Acara ini serentak digelar di 30 provinsi, dengan tujuan untuk menyukseskan program pemerintah dalam rangka meningkatkan percepatan vaksinasi Covid-19,” kata Soleh dalam siaran pers yang diterima kabarkota.com, Minggu (30/1/2022).

Sekaligus, lanjut Soleh, untuk mempererat sinergi antar-instansi dalam memerangi penyebaran Covid-19. Terlebih, dengan adanya varian baru. Instansi yang terlibat dalam rangkaian Bakti Sosial (Baksos) kali ini diantaranya RS DKT dr. Soetarto, BKKBN DIY, dan Keluarga Alumni FK UGM, serta Lapas Kelas IIA Yogyakarta.

Kepala RS DKT dr. Soetarto, Zamroni menambahkan, selain tetap menerapkan Prokes, kegiatan ini sebagai upaya untuk menjaga imunitas, khususnya para pegawai Lapas.

“Setelah semua pegawai divaksin, harapannya mereka dapat bekerja melayani masyarakat dengan lebih maksimal sesuai bidang tugasnya, termasuk pembinaan kepada warga binaan,” ucapnya

Sementara Koordinator Bidang Keluarga Berencana dari BKKBN DIY, Joehananti berharap dengan adanya kegiatan ini, maka kekebalan masyarakat juga semakin tinggi sehingga pandemi Covid-19 segera berakhir.

Dalam rangkaian baksos kali ini, selain menggelar booster dengan jenis vaksin pfizer, panitia juga mengadakan Penyuluhan Kesehatan, Pap Smear, Pemeriksaan Laborat Sederhana, serta Kegiatan Konsultasi pada tanggal 5 Februari mendatang yang dipusatkan di Lapas Wirogunan. (Ed-01)

Pos terkait