Baru 50 Persen Masjid DIY yang Miliki Sertifikat Arah Kiblat

Kakanwil Kemenag DIY, Nizar Ali (sutriyati/kabarkota.com)

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Dari sekitar 7 ribu masjid di DIY baru sekitar 50 persen saja yang memiliki sertifikat arah kiblat. Untuk itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) DIY, Nizar Ali mengimbau agar pada Jumat (15/7/2016) besok, masjid-masjid meluruskan kembali arah kiblatnya.

“Hari jumat (15/7/2016), pukul 17.45 WIB, posisi matahari tepat di atas ka’bah sehingga kami harapkan agar masjid-masjid meluruskan atau membenarkan kembali arah kiblatnya,” kata Nizar saat ditemui wartawan, di Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Rabu (13/7/2016) malam.

Pihaknya mengaku terus melakukan sosialisasi menyangkut pelurusan arah kiblat tersebut kepada masyarakat. “Ini sifatnya hanya imbauan bagi masjid-masjid yang belum pernah melakukan pembenaran terhadap arah kiblat yang tepat, karena kita tidak punya alat yang canggih sehingga saya rasa itu (posisi matahari di atas ka’bah) adalah alat tradisional yang bisa dilakukan oleh siapa saja,” anggapnya.

Terlebih menurutnya, sepanjang tahun 2015- 2016 ini, posisi matahari beberapa kali berada tepat di atas ka’bah. (Rep-03/Ed-03)

Pos terkait