Film Senyap, tak Lolos LSF, Masuk Nominasi Oscar

Ilustrasi (esquire.co.id)

JAKARTA (kabarkota.com) – Film dokumenter Senyap atau The Look of Silence yang dinyatakan tak lolos Lembaga Sensor Film (LSF) Indonesia, justru masuk dalam nominasi peraih Piala Oscar untuk kategori film dokumenter panjang tahun edar 2015.

Di situs web resmi Academy Awards, yang dilansir laman BBC Indonesia, Kamis (15/1/2016),  Senyap akan bersaing dengan sejumlah film dokumenter lainnya, seperti Amy (karya sutradara Asif Kapadia), Cartel Land(Matthew Heineman), What Happened Miss Simone? (Liz Garbus) dan Winter of Fire: Ukraine’s Fight for Freedom (Evgeny Afineesky).

Baca Juga:  Preman Pensiun 2 Tayang, Begini Kehebohan Penggemarnya

Film garapan sutradara Joshua Oppenheimer dan produser Signe Byrge Sørensen ini bercerita mengenai perjalanan seorang anggota keluarga korban pembantaian tertuduh Komunis tahun 1960-an di Sumatra Utara, Adi Rukun, yang menemui para pembunuh kakaknya. Di Indonesia, film tersebut diputar terbatas karena banyak memicu konflik.

Dalam pernyataannya, Sutradara dan produser film ini berharap agar dapat membantu orang Indonesia untuk ‘menyampaikan kerinduannya akan hadirnya kebenaran, keadilan dan penyembuhan’.

Baca Juga:  Ini Persyaratan Minimal Paslon Jalur Independen di Pilwali Yogya 2017

Rencananya, Pengumuman pemenang Piala Oscar akan disampaikan pada 28 Februari mendatang.

Tahun lalu, The Act of Killing atau Jagal -yang bisa disebut sebagai bagian pertama dari karya Joshua Oppenheimer yang menuturkan pembunuhan massal 1965 di Indonesia- juga dinominasikan untuk mendapat Oscar namun tidak terpilih. (Rep-03/Ed-03)