Ini Manfaat Rambut Jagung untuk Perempuan Menopuse

Ilustrasi (buletinsehat.com)

SLEMAN (kabarkota.com) – Jagung ternyata tak hanya enak dikonsumsi, tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan, terutama bagian rambut jagung yang selama ini hanya menjadi limbah.

Bacaan Lainnya

Empat mahasiswa Fakultas Farmasi UGM, yaitu Amalia Miranda, Yoce Aprianto, Lora Johana Tamba, dan Naufa Hanif yang tergabung dalam kelompok studi Cancer Chemoprevention Research Center telah melakukan penelitian tentang potensi rambut jagung untuk mengatasi osteoporosis pada wanita menopuse.

“Senyawa fitoesterogen yang terkandung dalam rambut jagung berpotensi untuk mengatasi osteoporosis,” kata Amalia sebagamana dilansir laman ugm.ac.id, Jumat (15/1/2016).

Menurutnya, penelitian dimulai dengan mengumpulkan rambut jagung yang diperoleh dari petani di daerah Purwomartani, Sleman. Kemudian diekstraksi dan diujicobakan secara in vivo pada 35 ekor tikus Sprague Dawley.

Sebelum diberikan ekstrak rambut jagung secara oral, tikus diovariektomi terlebih dahulu agar tikus mengalami kondisi defisiensi esterogen.

Setelah 30 hari perlakuan dan dilakukan pembedahan pada tikus, lanjut Amalia, rambut jagung dapat memperbaiki profil histologis dan kepadatan (densitas) tulang hewan uji.

Sementara Yoce menambahkan, peningkatan densitas pada hewan uji merupakan parameter yang bisa digunakan untuk evaluasi antiosteoporosis. Hasil maksimal terjadi pada pemberian dosis ekstrak rambut jagung sebesar 500 mg/kgBB.

“Terbukti pemberian ekstrak rambut jagung dapat meningkatkan densitas tulang hewan uji,” ungkapnya.

Meski begitu, imbuhnyanya, perlu uji in vitro, uji genotoksik, dan uji toksisitas sebelum diaplikasikan di masyarakat.  (Rep-03/Ed-03)

Pos terkait