Gelombang Tinggi, Masyarakat di Pesisir Selatan Yogya Diminta Waspada

Ilustrasi (dok. kabarkota.com)

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi di sejumlah perairan tanah air, termasuk Perairan Selatan Yogyakarta.

Prakirawan BMKG, Liesda Dwi Kartika mengatakan, peringatan gelombang tinggi tersebut mulai berlaku pada 31 Desember 2022, pukul 07.00 WIB – 1 Januari 2023, pukul 07.00 WIB.

Menurutnya, gelombang tinggi dipicu oleh pola angin di Indonesia bagian utara yang dominan bergerak dari barat ke utara, dengan kecepatan sekitar 5 – 35 knot. Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan, angin bergerak dominan dari barat daya ke barat laut, dengan kecepatan 8 – 35 knot. Di beberapa perairan, seperti perairan selatan Pulau Jawa, dan Laut Jawa, pergerakan angin terpantau paling tinggi dibandingkan wilayah lainnya.

“Di perairan selatan Yogyakarta berpeluang terjadi tinggi gelombang antara 2.5 meter – 4 meter,” kata Liesda dalam pernyataan tertulisnya, pada Sabtu (31/12/2022).

Untuk itu, pihaknya mengimbau agar masyarakat yang beraktivitas di pesisir sekitar area gelombang tinggi agar tetap waspada.

BMKG juga meminta agar para nelayan dan kapal yang berlayar memperhatikan keselamatan mereka, di tengah resiko tinggi tersebut. (Ed-01)

Pos terkait