Hari Libur, Penumpang KRL Yogya – Solo Meningkat

Logo (dok. fb krl line)

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Pada Libur Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada 1 Juni 2021 ini, penumpang KRL jurusan Yogyakarta – Solo meningkat dibandingkan hari sebelumnya.

Vice President (VP) Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba mengungkapkan, pada Selasa (1/6/2021) hingga pukul 12:00 WIB tercatat 3.752 pengguna menggunakan jasa KRL Yogyakarta – Solo. Angka tersebut menunjukkan penambahan jumlah penumpang hingga 4 persen, jika dibandingkan waktu yang sama pada 31 Mei 2021.

Menurutnya, sejumlah stasiun yang volume penggunanya naik cukup besar, diantaranya Stasiun Solo Balapan sebanyak 1.244 pengguna atau naik 7 persen; Stasiun Yogyakarta sebanyak 894 pengguna atau naik 12 persen; dan Stasiun Purwosari sebanyak 434 pengguna atau naik 8 persen.

“Naiknya jumlah pengguna ini sejalan dengan karakteristik pengguna KRL Yogyakarta Solo yang memang lebih banyak menggunakan KRL pada akhir pekan dan hari libur dibandingkan hari kerja,” jelas Anne dalam siaran pers, Selasa (1/6/2021).

Setiap harinya, lanjut Anne, KAI Commuter menjalankan 20 perjalanan KRL sebagaimana yang diizinkan oleh Kementerian Perhubungan dalam Grafik Perjalanan Kereta Api tahun 2021. “Namun saat ada potensi jumlah pengguna meningkat cukup besar, kami dapat menjalankan dua hingga empat perjalanan KRL,” imbuhnya.

Sementara terkait kondisi pada foto yang menggambarkan kepadatan penumpang KAI Commuter sebagaimana yang beredar, pihaknnya menduga, hal tersebut kemungkinan terjadi pada kereta atau gerbong tertentu, sedangkan pada kereta lain kondisinya kosong dan lengang.

“Hal ini karena biasanya pada akhir pekan dan hari libur diisi para pengguna musiman yang menggunakan kereta dalam rombongan kecil atau keluarga yang tidak mau terpisah selama perjalanan,” anggapnya.

Oleh karenanya, Anne menghimbau agar para pengguna dapat merencanakan perjalannya dengan baik. Salah satunya, dengan menghiindari naik KA yang sudah terisi sesuai kuota.

Selain itu, KAI Commuter juga mengajak para pengguna untuk tetap mengikuti protokol kesehatan, dan aturan yang berlaku di stasiun maupun di dalam KRL. Meskipun, para petugas di stasiun dan KRL akan senantiasa aktif berpatroli untuk mengingatkan mengenai penggunaan masker. (Ed-01)

Pos terkait