Hati-hati Menginstal Whatsapp Video Call

Ilustrasi (whatspp.com)

JAKARTA (kabarkota.com) – Hati-hati jika Anda mendapat undangan untuk menginstal fitur terbaru Whatsapp Video Call. Sebuah scam tengah mengancam pengguna WhatsApp dengan kedok berupa fitur tersebut.

Kejahatan cyber ini bekerja dengan mengajak pengguna untuk mengunduh update terbaru dari WhatsApp dengan fitur baru ini di situs whatsappcalling(dot)co. Setelah masuk ke situs tersebut, pengguna WhatsApp nantinya harus mengikuti petunjuk terkait proses verifikasi.

Baca Juga:  Keraton Yogya Keberatan Gelaran Muslim United, Ini Tanggapan Penyelenggara dan Takmir Masjid Gedhe Kauman

Pengguna juga diminta untuk mengundang setidaknya 10 teman aktif di kontaknya atau mengirim undangan mengunduh fitur video call ini ke tiga grup WhatsApp. Jika proses tersebut sudah dilewati, maka pengguna dapat menginstal update aplikasi WhatsApp pengusung fitur video call ini beserta alamat situs untuk mendapatkan kode verifikasi.

Sayangnya, aplikasi itu hanya tipuan saja karena berisikan malware yang bisa mengambil data pribadi pengguna berupa seluruh daftar kontak yang ada di smartphone.

Baca Juga:  Wapres Boediono: Pemerintah Jangan Ambil Kebijakan Zig Zag

Dilansir laman merdeka.com, para pengembang WhatsApp baru menyediakan fitur voice call untuk aplikasi chattingnya. Penambahan fitur video call memang menjadi salah satu target aplikasi milik Facebook ini. Namun diperkirakan fitur video call ini belum akan diluncurkan.

Saat ini, WhatsApp menjadi salah satu aplikasi chatting yang paling terkenal dengan lebih dari 800 juta pengguna. Hal ini memungkinkan para pelaku kejahatan cyber untuk menyebar malware ke ratusan juta pengguna WhatsApp. (Rep-03/Ed-03)

Baca Juga:  Virus Zika Mengancam, Ini yang Perlu Diwaspadai