Ki Seno Nugroho Wafat, Wakil Walikota: Selamat Jalan Dalang Kesayangan

Ilustrasi (dok. facebook)

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Kabar duka datang dari dunia seni pewayangan. Dalam kondang asal Yogyakarta, Ki Seno Nugroho meninggal dunia, pada Selasa (3/11/2020) malam, sekitar pukul 22.15 WIB di RS PKU Muhammadiyah Gamping.

Bacaan Lainnya

Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengaku kehilangan ikon seniman wayang kulit yang fenomenal atas meninggalnya Ki Seno Nugroho.

“Saya kira dia adalah rajanya live streaming (Pentas wayang) di Indonesia,” ungkap Heroe, Rabu (4/11).

Mengingat, setiap malam Ki Seno Nugroho selalu menggelar pentas wayang kulit, dengan cerita wayang climen atau cerita singkat sekitar dua jam, di kanal Youtubenya. Di setiap pementasan virtualnya, jumlah penontonnya sekitar 8 ribu orang. Tak hanya dari Yogyakarta, tapi dari berbagai daerah di Indonesia.

Heroe juga mengaku, hampir setiap malam dirinya menyempatkan diri untuk menyaksikan pentas wayang kulit virtual tersebut.

“Untuk ke sekian kalinya, masyarakat kehilangan tokoh seniman dan budayawan yang meninggal di puncak ketenaran dan kejayaannya,” ucap Heroe.

Mengingat, penggemar Ki Seno Nugroho tak hanya di Yogyakarta, melainkan juga hampir di seluruh Indonesia. Oleh karenanya Heroe berharap, akan muncul seniman dalang lain yang bisa meraih popularitas dan memajukan seni budaya sebagaimana yang ditorehkan almarhum semasa hidupnya.

“Selamat jalan Dalang kesayangan. Dalang yang membuat pembaruan dan keluwesan udalam memberikan hiburan yang mendidik,” tuturnya.

Heroe berharap, setelah meninggalnya Ki Seno Nugrono, akan muncul seniman dalam lain yang bisa meraih popularitas dan memajukan seni budaya, sebagaimana yang dilakukan almarhum semasa hidupnya.

Ki Seno Nugroho meninggal dalam usia 48 tahun dan akan dikebumikan di Pemakaman Semaki Gede Yogyakarta, pada Rabu (4/11/2020), pukul 13.00 WIB. (Ed-01)

Pos terkait