Berhati-hatilah Karena Malware Android Kemungkinan Ada di Pembaruan Keamanan Ponsel Anda

  • Whatsapp
ilustrasi ponsel terinfeksi malware android (iStock from Getty Images/ CarmenMurillo)
ilustrasi ponsel terinfeksi malware android (iStock from Getty Images/ CarmenMurillo)

Kabarkota.com – Peringatan malware android dengan menipu pengguna agar menginstal malware android dalam bentuk pembaharuan keamanan di perangkat ponsel muncul lagi.

Pembuat FluBot telah meluncurkan kampanye baru yang menggunakan peringatan pembaruan keamanan Android palsu untuk mengelabui calon korban agar memasang malware di perangkat mereka.

Bacaan Lainnya

Dalam postingingan terbarunya, Team Computer Emergency Response New Zealand, Cert NZ, memperingatkan pengguna android bahwa pesan di halaman penginstalan baru malware sebenarnya adalah tipuan yang dirancang untuk menanamkan rasa urgensi ke pengguna agar menginstal FluBot di perangkat mereka sendiri.

Malware Android FluBot Dikemas Dalam Bentuk Pesan Palsu

Halaman instalasi FluBot baru, yang penggunaanya akan diarahkan ke setelah menerima pesan palsu tentang tertunda atau paket pengiriman hilang atau bahkan foto dicuri upload online, menginformasikan mereka bahwa perangkat mereka terinfeksi dengan FluBot, salah satu Android spyware.

Malware android digunakan untuk mengambil Data keuangan dan kata sandi di ponsel Anda. Namun, dengan menginstal pembaruan keamanan baru yang terpecaya dapat menghapus FluBot dari ponsel.

Halaman tersebut juga menjelaskan lebih jauh dengan menginstruksikan pengguna untuk mengaktifkan peringatan pemasangan aplikasi dari sumber yang tidak dikenal di perangkat mereka.

Malware Android Flubot

Sampai saat ini, FluBot menyebarkan malware android ke smartphone melalui pesan teks spam menggunakan kontak yang dicuri dari perangkat yang sudah terinfeksi malware.

Pesan-pesan ini akan mengarahkan calon korban untuk menginstal aplikasi di perangkat mereka dalam bentuk file APK yang telah dikirimkan oleh server yang dikendalikan oleh penyerang.

Setelah FluBot diinstal pada smartphone pengguna, malware sering kali mencoba mengelabui korban agar memberi mereka izin tambahan, serta memberikan akses ke layanan aksesibilitas di Android yang memungkinkannya berjalan di latar belakang dan menjalankan tugas berbahaya lainnya.

FluBot mampu mencuri informasi perbankan dan pembayaran pengguna melalui penggunaan serangan overlay di mana overlay ditempatkan di atas aplikasi perbankan, pembayaran, dan cryptocurrency yang sah.

Seperti disebutkan sebelumnya, malware android ini juga akan mencuri kontak pengguna untuk mengirim pesan phishing guna membantu FluBot menyebar lebih jauh.

Saat ini malware android FluBot terutama digunakan untuk menargetkan pengguna di Spanyol dalam masa pengembangannya, dan telah memperluas kampanyenya untuk menargetkan negara-negara tambahan di Eropa, termasuk Jerman, Polandia, Hongaria, Inggris, dan Swiss, serta Australia dan Jepang dalam beberapa tahun berikutnya.

Ciri-ciri Ponsel Anda Terinfeksi Malware Android

Malware Android dapat melakukan kejahatan seperti mencuri informasi pribadi langsung dari ponsel Anda. Jadi bagaimana Anda tahu jika ponsel Anda terinfeksi malware? Dan berikut ciri-ciri nya :

  1. Tampilkan iklan terus menerus saat menggunakan aplikasi seluler apa pun.
  2. Setelah menginstal aplikasi, ikon aplikasi tiba-tiba menghilang.
  3. Dampak lainnya adalah baterai lebih cepat habis dari biasanya.
  4. Akan ada aplikasi yang tidak Anda kenali di ponsel.

Selain menyiksa iklan yang terus muncul, malware dapat memperoleh akses ke informasi pribadi. Tujuannya adalah sebagai berikut:

  1. Kredensial bank Anda
  2. Informasi perangkat
  3. Nomor ponsel atau alamat email Anda
  4. Daftar kontak Anda

Tips Mengatasi Malware Androd di Ponsel Anda.

jika Anda merasa ada malware di perangkat ponsel Anda atau hanya ingin melindungi data diri, hal pertama yang harus dilakukan adalah memperbarui aplikasi di ponsel Anda.

Pakar keamanan terus-menerus menyebutkan sistem operasi saat ini dan aplikasi yang diperbarui sebagai salah satu langkah penting yang diambil untuk melindungi perangkat.

Pembaruan sistem operasi juga dapat memperbaiki kerentanan dan bahkan memutus akses malware yang sudah ada di smartphone.

Periksa juga izin apa yang dimiliki aplikasi di ponsel Anda. Misalnya, apakah aplikasi memiliki kemampuan untuk mengirim SMS? Jika Anda berpikir bahwa kemampuan ini tidak diperlukan, itu mungkin pertanda buruk.

Selain itu, dapat menghapus aplikasi yang dicurigai berbahaya. Namun, biasanya tidak mudah untuk menghapus aplikasi berbahaya, dan Anda dapat mempelajari cara melakukannya secara online.

Pertimbangkan juga untuk menginstal aplikasi antivirus. Layanan ini dapat memperlambat telepon dan memiliki akses tinggi pada telepon untuk menemukan perilaku jahat.

Di aplikasi ini, biasanya ada opsi berbayar juga, sehingga Anda bisa mendapatkan fitur terbaik dan menghindari lebih banyak iklan.

Terakhir, hindari menginstal aplikasi dari toko aplikasi pihak ketiga atau tidak melewati playstore Google sehingga mudah untuk mendapatkan malware di perangkat Anda.

  • Whatsapp

Pos terkait