Pemkot Yogya Siapkan Ratusan Juta Dana Penelitian di Perguruan Tinggi

Ilustrasi (aptisi.org)

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta menyiapkan dana sekitar Rp 150 juta er tahun, untuk mendukung penelitian di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di wilayahnya.

Hal itu terungkap dalam Rapat Koordinasi Pimpinan PTSdi Lingkungan Kopertis Wilayah V DIY di Kampus STPMD “APMD”, Yogyakarta, Senin (25/7/2016).

Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti mengatakan, selama ini, program pembangunan di Kota Yogyakarta bergantung pada kerjasama empat unsur, yakni Akademisi, Dunia Usaha, Komunitas atau masyarakat, dan Pemerintah. Keempat   unsur tersebut harus selalu bersinergi untuk mewujudkan keberhasilan pembangunan.

“Partisipasi akademisi yang diwakili oleh Perguruan Tinggi mempunyai makna yang strategis dalam memberikan berbagai bahan pertimbangan dalam menyusun bahan kebijakan pembangunan di Kota Yogyakarta. Selain itu, masukan dari Perguruan Tinggi juga dibutuhkan pemerintah dalam memenuhi kebutuhan akan teknologi tepat guna yang dimanfaatkan untuk membangun Kota Yogyakarta,” kata Haryadi seperti dilansir laman Pemkot Yogyakarta.

Sementara, Koordinator Kopertis Wilayah V DIY, Bambang Supriyadi berpendapat, untuk mewujudkan kerjasama yang baik tersebut, walikota  selaku pemimpin daerah harus selalu mengkomunikasikan program-program pembangunannya kepada pihak PTS.

“PTS di wilayah Yogyakarta jangan pernah lupa untuk turut membangun daerahnya sendiri. Berbagai program-program pembangunan yang disampaikan oleh walikota akan menjadi informasi bagi PTS untuk kemudian dijalankan bersama sebagai bentuk kerjasama riil antara Pemerintah Kota Yogyakarta dengan PTS” Kata Bambang.

Selama ini, kerjasama Pemkot Yogyakarta dengan berbagai PTS diwujukan dengan berbagai program. Diantaranya, penempatan mahasiswa KKN di wilayah Kota Yogyakarta, yang telah diawali dengan MoU kedua belah pihak. (Rep-03/Ed-03)

Pos terkait