Pentingnya Mengenal Prinsip Dasar Asuransi Syariah dan Keunggulannya

Apakah Anda sudah mengenal prinsip dasar asuransi syariah? Prinsip dasar ini cukup penting Anda pahami karena asuransi syariah memiliki peminat yang banyak di Indonesia terutama bagi nasabah muslim. Bahkan kini aset asuransi syariah ini mencapai Rp 34,47 triliun, reasuransi syariah Rp 1,86 triliun, dan asuransi umum syariah Rp 5,62 triliun.

Untuk itulah, apabila Anda belum memiliki asuransi, amka asuransi syariah bisa menjadi pilih produk keuangan Anda. Namun, sebelumnya Anda harus terlebih dahulu mengenal prinsip dasar asuransi syariah tersebut.

Prinsip Dasar Asuransi Syariah

Berikut beberapa prinsip utama yang dimiliki oleh asuransi syariah, antara lain:

  1. Ta’awun

Prinsip pertama ini memiliki arti tolong menolong yang artinya Jika Anda berniat membeli produk ini, maka juga harus berniat membantu dan meringankan beban peserta lainnya. sebab musibah kedatangannya tidak bisa ditebak sama sekali.

  1. Amanah

Prinsip ini berguna untuk mewujudkan sifat saling percaya, dimana laporan keuangan disajikan secara transparan kepada para nasabah. Sehingga Anda harus memastikan bahwa pilihan perusahaan asuransi Anda memiliki prinsip amanah ini. Selain itu, Anda juga mengetahui sifat perusahaan tersebut lewat rekam jejaknya, bisa bertanya kepada teman atau melihat review dari nasabah sebelumnya.

  1. Al-Ridha

Setiap nasabah harus relah atau ridha menyetorkan sejumlah dananya sebagai bentuk dana premi. Lalu ini menjadi kewajiban yang akan diserahkan pada perusahaan asuransi dan digunakan sebagai dana sosial. Dana sosial ini tentunya akan difungsikan untuk nasabah yang mengalami bencana ataupun musibah lainnya.

  1. Tauhid

Ini adalah prinsip utama yang digunakan pada setiap aktivitas kehidupan manusia. Dimana arti dari tauhid yaitu segala sesuatu yang dilakukan haruslah mencerminkan nilai-nilai ketuhanan. Ini dikarenakan nilai tersebut sebagai hukum yang menjadi dasar untuk tidak menentang ketentuan Allah SWT.

  1. Keadilan

Asuransi syariah haruslah memenuhi nilai-nilai keadilan yang diberlakukan pada pihak-pihak yang terikat dengan akad dari asuransi. Adapun tujuannya yaitu untuk memahami hak serta kewajiban antara perusahaan dan nasabah. Kemudian nilai-nilai seperti keadilan dan kebenaran juga harus dicerminkan dari laporan keuangan perusahaan.

  1. Kerja Sama

Prinsip yang tak kalah penting yaitu kerja sama. Sebab dalam literatur islam prinsip ini juga sudah dijelaskan dan kita juga tidak akan bisa hidup sendiri tanpa adanya bantuan orang lain.

Keunggulan Asuransi Syariah

Asuransi syariah ini mempunyai beberapa poin plus yang tentunya sangat bermanfaat untuk nasabahnya. Apa sajakah hal tersebut? Simak ulasan berikut ini.

  1. Dana premi bisa dicairkan dan tidak akan hangus meskipun tidak ada klaim.
  2. Menerapkan prinsip gotong royong yaitu saling membantu satu sama lain.
  3. Mengedepankan transparansi dan keterbukaan dalam kerjasamanya bersama nasabah.
  4. Semua pihak akan diuntungkan dan tidak akan ada satupun yang dirugikan.
  5. Diawasi langsung oleh Dewan Pengawas Syariah.
  6. Bersifat universal, sehingga perusahaan asuransi syariah bisa diakses oleh siapapun.

Produk Asuransi Syariah Prudential

Asuransi syariah Prudential merupakan bagian dari prudential Indonesia yang menawarkan berbagai produk seperti asuransi kesehatan, pendidikan, asuransi jiwa, dan sebagainya. Berbagai produk asuransi ini bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan perlindungan yang ingin Anda dapatkan.

Yang terpenting adalah pengelolaan dana asuransi syariah Prudential dilakukan sesuai prinsip syariah dan diawasi oleh Dewan Syariah. Adapun produk unggulan yang banyak diminati oleh masyarakat dari prudential ini adalah  produk asuransi jiwa syariah. Produk ini memiliki pertanggungan lengkap serta rumah sakit rekanannya sangat luas hingga ke luar negeri.

Setelah mengenal prinsip asuransi syariah, apakah Anda masih ragu untuk menggunakan produksi asuransi syariah ini? Anda juga bisa gunakan produk asuransi syariah dari prudential Indonesia yang sudah terpercaya serta memiliki banyak nasabah. Kemudian pilihlah produk asuransi yang memang sedang Anda butuhkan saat ini.

Pos terkait