Presiden Jokowi Minta Vaksinasi untuk Pelaku Usaha “Gumaton” Yogya segera Diselesaikan

  • Whatsapp

Presiden Jokowi meninjau pelaksanaan vaksinasi di Kota Yogyakarta, pada Senin (1/3/2021). (dok. Humas Pemda DIY)

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) meninjau pelaksanaan vaksinasi perdana untuk para pelaku usaha di kawasan Tugu, Malioboro, dan alun-alun utara Keraton (Gumatom) Yogyakarta, pada Senin (1/3/2021).

Bacaan Lainnya

Presiden menyebutkan, total ada sekitar 19.900 vaksin yang diberikan untuk para pelaku usaha, dan pelaku pariwisata di kawasan tersebut.

“Saya berharap, vaksinasi ini segera diselesaikan sehingga ekonomi bisa pulih dan bangkit kembali, pariwisata di Kota Yogyakarta juga bisa bergeliat kembali,” kata Jokowi, di Benteng Vredeburg Yogyakarta, Senin (1/2/2021).

Sementara, Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti menargetkan, pelaksanaan vaksinasi untuk para pelaku usaha yang beraktivitas di Kota Yogyakarta tersebut selesai dalam enam hari ke depan.

“Untuk vaksinasi ini, tidak ada hal-hal yang berkaitan dengan pungutan.” tegasnya.

Menurutnya, saat ini Negara membutuhkn rakyat untuk divaksin guna mengendalikan penyebaran Covid-19 di Indonesia.

Haryadi juga berharap, dengan peninjauan oleh Presiden Jokowi kali ini, maka mendorong masyarakat pro aktif mendaftarkan diri ke RT/RW setempat untuk mendapatkan vaksin.

Walikota menyebut, total penduduk di Kota Yogyakarta sekitar 450 ribu, namun pihaknya memperkirakan jumlah masyarakat yang beraktivitas di Kota mencapai 1.5 juta jiwa.

“Jadi selama beraktivitas di Kota Yogya, silakan pro aktif mendaftar untuk pelaksanaan vaksinasi,” imbaunya.

Salah satu pedagang makanan asongan di Kota Yogyakarta, Sriyati mengaku, dirinya merasa senang bisa mendapatkan vaksin, sekaligus mendapatkan bingkisan dari Presiden Jokowi.

Perempuan 62 tahun ini mengatakan, dirinya akan mendapatkan suntikan vaksin kedua, pada 29 Maret 2021 mendatang. (Rep-01)