Artidjo Alkostar Meninggal, Teladan Penegak Hukum dan Peradilan telah Pergi

  • Whatsapp

Artidjo Alkostar (dok. fb KPK)

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Mantan Hakim Agung, Artidjo Alkostar meninggal dunia di Jakarta, pada Minggu (28/2/2021) siang. Sebelum dikebumikan, jenazah disemayamkan di Masjid Ulil Albab Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, pada Senin (1/3/2021).

Bacaan Lainnya

Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) yang tengah melakukan kunjungan kerja di Yogyakarta juga menyempatkan diri melayat ke mendiang Artidjo di Kampus Terpadu UII.

Di mata Presiden, Artijo merupakan sosok penegak hukum yang sangat berintegritas, dan jujur.

“Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Kemarin hari Minggu telah berpulang ke rahmatullah Bapak Artidjo Alkostar. Kita telah kehilangan putra terbaik bangsa,” Kata Presiden Jokowi, Senin (1/3/2021).

Presiden juga mengaku memiliki kenangan tersendiri terhadap sosok almarhum semasa hidupnya. Baginya, anggota Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tersebut merupaka teladan bagi para penegak hukum dan peradilan di Indonesia.

Presiden sendiri memiliki kenangan tersendiri terhadap Artidjo Alkostar semasa hidupnya. Kepribadian dan integritasnya tak perlu dilakukan lagi dan menjadi teladan bagi para penegak hukum dan peradilan.

“Beliau adalah penegak hukum, hakim agung, dan Dewan Pengawas KPK yang sangat rajin, jujur, memiliki integritas yang tinggi,” ucapnya.

Kesan yang sama juga disampaikan salah seorang rekan Artidjo, Hamid Basyaib. Melalui akun facebook Hamid Basyaib mengungkapkan rasa duka citanya atas meninggalnya sosok yang tak pernah berhenti memperjuangkan keadilan tersebut.

“Sepanjang hidupnya, ia mengamalkan kejujuran dan integritas tak kenal ampun. Bahkan, kematiannya pun memahat prasasti keikhlasan,” tulis Hamid.

Hamid juga mengaku bangga telah bersama-sama dengan Artidjo mendirikan Lembaga Pembela Hukum (LPH) yang menampung para calon pengacara yang tak kebagian tempat di Lembaga Bantuan hukum (LBH) maupun Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum (LKBH) Fakultas Hukum UII.

Jenazah Artidjo akan dimakamkan di Makam Keluarga Besar UII, pada pukul 10.00 WIB. Selain pernah menjabat sebagai Hakim Agung, dan anggota Dewan Pengawas KPK, pria kelahiran Situbondo 72 tahun lalu ini juga seorang dosen di FH UII, serta pernah menjabat sebagai Direktur dan Wakil Direktur LBH Yogyakarta.

Keluarga Besar UII berencana menggelar doa bersama secara daring, pada Senin (1/3/2021), pukul 19.30 WIB. (Ed-01)