RS Bethesda Lempuyangwangi Terbakar, Pasien Dievakuasi, 1 Suspect Corona

Seorang petugas Damkar tengah memadamkan api di RS Bethesda Lempuyangwangi yang terbakar, Senin (3/8/2020). (dok. fb trc bpbd diy)

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Rumah Sakit (RS) Lempuyanganwangi Yogyakarta terbakar, pada Senin (3/8/2020) sekitar pukul 18.30 WIB.

Akibat peristiwa tersebut, Komandan Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY, Wahyu Pristyawan mengatakan, sembilan pasien rawat inap di rumah sakit tersebut dievakuasi dari lokasi kejadian.

Baca Juga:  Si 'Jago Merah' Lalap 2 Bangunan di Jalan Kusumanegara Yogya

Koordinator Lapangan PSC 119 DIY, Kudiyana membenarkan adanya sembilan pasien yang dievakuasi.

“Delapan orang dipindahkan ke RS Bethesda induk, dan satu pasien minta pulang,” jelas Kudi, Senin (3/8/2020) malam.

Dari delapan pasien yang dipindahkan ke RS induk tersebut, salah satunya adalah pasien suspect Covid-19, yakni laki-laki berusia 57 tahun. Pada saat dievakuasi, pasien tersebut dalam kondisi stabil, namun harus ditempatkan di ruang isolasi.

Baca Juga:  Hujan Deras Disertai Angin Kencang: Belasan Pohon Tumbang, Rumah Rusak

Menurutnya, proses evakuasi pasien yang berlangsung sekitar pukul 18.45 WIB dengan delapan unit ambulans tersebut baru selesai pukul 21.00 WIB. Pasalnya, satu pasien suspect memerlukan prosedur rujukan sehingga prosesnya untuk bisa masuk ke ruang isolasi agak lama dibandingkan tujuh pasien non suspect.

Sementara Kepala Bidang Penanggulangan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Yogyakarta, Rudi Firdaus menambahkan, kobaran api yang diduga akibat konsleting arus listrik tersebut berhasil dipadam pada pukul 20.15 WIB, dengan mengerahkan tiga unit armada damkar dari Kota Yogyakarta, UGM, dan Sleman. (Rep-01)

Baca Juga:  Saat UMKM Diterpa Bencana, Apa yang bisa Dilakukan?