RS PKU Muhammadiyah Yogya Siapkan Layanan PCR Hasil Cepat

Peralatan untuk TR – PCR di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta (dok. kabarkota.com)

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Rumah Sakit (RS) PKU Muhammadiyah Yogyakarta bersiap meluncurkan layanan Real Time -Polymerase Chain Reaction (RT – PCR), pada Senin (14/12/2020) pekan depan.

Direktur Utama PKU Muhammadiyah Yogyakarta, Mohammad Komarudin berpendapat bahwa selama ini, hasil tes swab seringkali lama keluarnya. Bahkan hingga pasien meninggal, terkadang hasilnya belum diketahui. Padahal hasil yang cepat itu penting untuk memberikan kepastian. Sekaligus sebagai upaya tindak-lanjutnya.

Baca Juga:  Optimalisasi PAD, Pemda DIY Libatkan KPK dan Bank BPD

Oleh karenanya, Komar berharap, dengan hadirnya layanan tersebut, maka diagnosisnya bisa lebih cepat diketahui sehingga memberikan kepastian, tidak hanya bagi masyaraka tetapi juga tenaga kesehatan yang melakukan penanganan medis.

“Dalam 12 jam hasilnya sudah selesai sehingga pasien-pasien yang akan dilakukan tindakan, seperti operasi jadi ada kepastian dan jaminan keamanannya,” Komar memaparkan dalam Soft Launching RT – PCR, di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta, Sabtu (12/12/2020).

Baca Juga:  Merapi Siaga, BPPTKG Minta Aktivitas Penambangan di KRB III Dihentikan

Pihaknya juga mengklaim bahwa peralatan yang mereka miliki tersebut dapat membantu program pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19 yang belum jelas waktu berakhirnya.

Direktur Utama PKU Muhammadiyah Yogyakarta, Mohammad Komarudin (kanan) dan Penanggung Jawab Layanan Mikrobiologi, Raden Ludhang Pradipta (kiri). (dok. kabarkota.com)

Dokter Penanggung Jawab Layanan Mikrobiologi, Raden Ludhang Pradipta menambahkan, peralatan tersebut juga memiliki tingkat akurasi data yang tinggi, dan telah sesuai dengan standar WHO, serta mengacu pada pedoman Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI. Mulai dari regulasi, alat, hingga setting ruangannya.

Baca Juga:  Pariwisata DIY tak Terpengaruh isu Virus Corona

“Semua masyarakat dipersilakan untuk periksa,” ucapnya.

Sedangkan tarif untuk melakukan pemeriksaan tes swab mandiri, sesuai standar Kemenkes, yakni sekitar Rp 900 ribu. (Rep-01)