Gerebeg Maulud Ditiadakan

Pengumuman peniadaan gerebeg Maulud dari keraton Yogyakarta (dok. keraton yogyakarta)

YOGYAKARTA – Keraton Yogyakarta meniadakan gelaran sekaten dan gerebeg maulud yang yang semestinya akan digelar pada 22 – 29 Oktober 2020 mendatang.

Penghageng Kawedanan Hagengn Panitiputra in Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Condrokirono mengatakan, peniadaan kegiatan tahunan tersebut lantaran DIY masih dalam status tanggap darurat Covid-19. Sekaligus dalam rangka memnaati anjuran pemerintah untuk menerapkan protokol kesehatan.

Baca Juga:  Heritage Yogya jadi Incaran Asing

“Meski demikian, keraton akan tetap melakukan penyesuaian prosesi pembagian gunungan secara terbatas (Hanya untuk internal keraton), tanpa mengurangi esensi dan filosofi Garebeg sebagai bentuk konsistensi pelestarian budaya,” tulis GKR Condrokirono dalam surat bernomor 0258/KH.PP/Sapar.X/JIMAKIR.1954.2020, tertanggal 6 Oktober 2020.

Untuk itu, pihaknya juga berharap agar masyarakat khususnya di DIY dapat memaklumi keputusan Keraton Yogyakarta tersebut. Mengingat, hal tersebut juga bertujuan untuk membantu mempercepat pemulihan situasi di tengah pandemi Covid-19. (Ed-01)