Tutup PPSMB 2016, mahasiswa UGM bentuk formasi lambang PBB

Formasi United Nation yang didominasi warna biru dan putih dibentuk dari caping warna-warni mahasiswa baru, di lapangan Pancasila Grha Sabha Pramana UGM, Sabtu (6/8/2016). (Ugm.ac.id)

SLEMAN (kabarkota.com) – Di lapangan Pancasila Grha Sabha Pramana UGM, Sabtu (6/8/2016), 8.745 mahasiswa baru menutup Pelatihan Pembelajar  Sukses Mahasiswa Baru (PPSMB) Palapa UGM 2016, dengan membentuk sejumlah formasi. Salah satunya simbol Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB). Formasi United Nation yang didominasi warna biru dan putih itu dibentuk dari caping warna-warni yang digunakan mahasiswa baru.

Baca Juga:  DPRD Kota Yogya Minta Anggaran Bosda Segera Dicairkan

Lambang PBB memiliki arti bahwa UGM siap menjadi global citizens yang berkontribusi dan peduli terhadap permasalahan global, dengan tidak melupakan identitas bangsanya. Selain itu, lambang PBB memiliki pesan kepada seluruh penduduk dunia bahwa Indonesia memiliki kepedulian tinggi terhadap perdamaian dunia.

Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi, yang menghadiri penutupan tersebut menilai, format pengenalan seperti ini akan manjadikan mahasiswa sebagai insan akademik yang memiliki hubungan antar manusia dengan luar biasa.

Baca Juga:  Granat DIY: Eksekusi Mati Jilid III Harus Segera Digelar

“UGM adalah universitas yang memiliki kemajemukan mahasiswa dari seluruh Indonesia. Kemajemukan itu nantinya akan menjadikan para mahasiswa memiliki kepekaan sosial,” kata Menhub, seperti dilansir laman UGM.

Pihaknya juga berharap, para mahasiswa bisa menempa diri dengan kegiatan positif di luar perkuliahan, sehingga memiliki competitive advantage yang bisa ditempa lewat Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

“Mahasiswa akan mendapatkan keahlian dan komitmen sebagai modal mahasiswa di kemudian hari,” tambahnya.

Baca Juga:  Ketua BLH Yogya: Pembuatan AMDAL Bandara Kulon Progo Sesuai Aturan

Sementara itu, Rektor UGM, Dwikorita Karnawati meminta ribuan mahasiswa baru agar memiliki jati diri UGM, memiliki jati diri bangsa Indonesia, dan menjadi pemimpin dunia.

Sebelum acara berakhir, mahasiswa baru membentuk formasi-formasi yang telah dibentuk pada tahun-tahun sebelumnya. Formasi tersebut yakni, formasi kepulauan Republik Indonesia, formasi bertuliskan Indonesia Raya, formasi lambang negara Indonesia Garuda Pancasila, dan terakhir membentuk formasi ASEAN. (Rep-03/Ed-03)