4 Pasien Anak Gagal Ginjal Akut di RSUP Dr. Sardjito Sembuh

RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta (dok. kabarkota.com)

SLEMAN (kabarkota.com) – Empat pasien anak yang dirawat di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr. Sardjito Yogyakarta menjalani rawat jalan, setelah dinyatakan sembuh dari gagal ginjal akut.

Anggota Tim Medis Penanganan Gagal Ginjal Akut RSUP Dr Sardjito Yogyakarta, Retno Palupi menyebut, dua pasien sembuh berasal dari DIY, dan dua pasien lainnya berasal dari Jawa Tengah.

“Dari empat pasien itu ada yang berusia 13 tahun, 6.5 tahun, 2 tahun, dan satu tahun,” jelas Retno kepada wartawan di RSUP dr. Sardjito Yogyakarta, pada Selasa (25/10/2022).

Namun, salah satu dari pasien tersebut, lanjut Retno, masih harus menjalani hemodialisis (cuci darah).

Anggota tim Medis Penanganan Gagal Ginjal Akut RSUP Dr Sardjito Yogyakarta lainnya, Kristia Hermawan menambahkan, dari 13 pasien anak dengan gejala gagal ginjal akut, ada penambahan satu kasus meninggal, sehingga total kasus meninggal tujuh anak. Sedangkan dua pasien lainnya masih menjalani rawat inap di bangsal RS.

Sementara terkait pelacakan penyebab gagal ginjal akut progresif atipikal, sambung Kristia, telah dilakukan sesuai petunjuk dari Kementerian Kesehatan. Diantaranya, dengan penelusuran riwayat penggunaan obat syrup serta pemeriksaan toksikologi untuk mengetahui ada tidaknya EG/DEG dalam darah atau urine pasien. Dalam hal ini, pengambilan sampel telah dilakukan pada tiga pasien yang pekan lalu masih menjalani perawatan.

“Kami belum mendapat hasil pemeriksaan karena sampel harus diperiksa di Labkesda DKI Jakarta,” tegasnya.

Tim medis juga telah melakukan biopsi atau pengambilan contoh jaringan ginjal pada beberapa pasien agar dapat mengidentifikasi profil kerusakan yang terjadi, dan menelusuri penyebab kerusakan jaringan tersebut. Dari semua kasus yang telah ditangani RS, baik pasien rawat jalan maupun rawat inap, belum ada yang mendapat pengobatan antidote fomepizole. Namun demikian, kondisi klinis pasien berangsur membaik.

 

Konferensi pers terkait update pasien gagal ginjal akut di RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta, pada Selasa (25/10/2022). (dok. kabarkota.com)

Masyarakat Diimbau Tenang

Sementara Ketua Cabang Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) DIY, Tunjung Wibowo mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan waspada dalam menyikapi adanya kasus gagal ginjal akut pada anak.

“Jika anak-anak mengalami gejala, maka tidak harus berobat ke RSUP dr. Sardjito tetapi bisa ke faskes-faskes lainnya,” ucap Tunjung. (Rep-02)

Pos terkait