7 Tips Aman Belanja Online Agar Tidak Tertipu

  • Whatsapp
Sumber : https://www.pexels.com/id-id/foto/tanda-laptop-macbook-teknologi-5632386/

Masa pandemi seperti saat ini membuat masyarakat lebih banyak memilih sistem belanja online untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Dengan berbelanja online Anda akan mendapat berbagai keuntungan, mulai dari menghemat tenaga hingga banyaknya pilihan toko dengan harga yang bersaing di pasar. Namun, yang perlu diingat Anda juga harus mengetahui tips belanja online yang aman agar terhindar dari penipuan.

Tidak dapat dimungkiri di balik berbagai kemudahan yang ditawarkan sistem belanja online, ternyata juga terdapat resiko yang besar jika kita tidak berhati-hati. Terkadang kita mudah tergiur dan asal membeli, tanpa memikirkan toko tersebut benar-benar ada atau hanya fiktif.

Bacaan Lainnya

Tidak hanya itu, bisa saja Anda membeli barang yang tidak original atau palsu bahkan juga berpeluang barang yang Anda pesan tidak dikirim padahal sudah melakukan pembayaran sebelumnya.

Melihat berbagai kemungkinan kejahatan yang ditimbulkan dari belanja online tersebut, ada baiknya Anda lebih teliti dan cermat ketika berbelanja online. Hindari juga hasrat atau nafsu berbelanja yang menggebu-gebu tanpa berpikir panjang yang berakibat pada hal-hal yang tidak diinginkan. Untuk itu sangat penting sekali mengetahui tips belanja online agar tidak tertipu.

7 Cara Belanja Online yang Aman

Salah satu kelemahan belanja online yakni kita tidak dapat bertemu langsung dengan penjual dan melihat barang yang akan kita beli seperti saat kita belanja offline. Untuk itu, sangat penting memperhatikan faktor keamanan jika kita menggunakan sistem belanja online. Karena, tidak dapat dipungkiri jika kita tidak berhati-hati akan lebih mudah terkena penipuan. Nah, itulah pentingnya mengetahui tips belanja online yang aman.

  1. Memastikan Online Shop yang Dapat Dipercaya

Memang pada dasarnya online shop banyak memberikan kemudahan kita untuk berbelanja. Namun, nyatanya saat ini banyak online shop juga yang melakukan tindak kejahatan seperti penipuan. Oleh karena itu, sangat penting sekali untuk memastikan bahwa online shop tersebut benar-benar terpercaya. Hal ini bisa dilakukan dengan melihat testimoni yang diberikan pembeli sebelumnya ataupun melakukan riset terlebih dahulu dengan bantuan mesin pencarian Google untuk mengecek kebenaran online shop tersebut.

  1. Mengecek Ulasan Produk

Setelah mengetahui bahwa online tersebut kredibel, maka setelahnya sangat penting sekali untuk mencermati ulasan produk yang akan Anda beli. Selain membaca ulasan yang diberikan oleh pihak toko, alangkah lebih baiknya untuk membaca ulasan yang diberikan oleh konsumen yang sebelumnya membeli supaya lebih objektif dan akurat. Nggak hanya itu, sangat penting juga untuk melihat galeri pembeli yang menyematkan foto produk, hal ini sangat berguna untuk menghindari pembelian barang palsu.

  1. Membaca Syarat dan Ketentuan

Setiap online shop pasti memberlakukan syarat dan ketentuan yang berbeda-beda. Kebanyakan dari kita sering mengabaikan membaca syarat dan ketentuan yang diberlakukan, padahal hal tersebut suatu kebiasaan yang salah. Syarat dan ketentuan berperan penting ketika Anda menerima produk yang tidak sesuai dengan deskripsi yang diberikan. Hal tersebut juga akan berdampak pada sistem pengembalian atau retur maupun jangka waktu pengembalian yang ditentukan.

  1. Menggunakan Gadget Pribadi

Tips belanja online agar aman dan nyaman berikutnya yakni memastikan bahwa Anda menggunakan gadget atau komputer pribadi sehingga akun tidak akan dibobol atau di hack orang lain. Namun, jika terpaksa menggunakan fasilitas umum, maka pastikan untuk me-log out akun yang Anda gunakan setelah selesai berbelanja. Jangan sampai akun Anda dimanfaatkan oleh orang lain untuk melakukan tindak kejahatan yang dapat menimbulkan kerugian.

  1. Menghubungi Penjual

Menghubungi penjual merupakan salah satu trik untuk memastikan apakah online shop tersebut kredibel. Dari respon penjual, Anda dapat menilai apakah online shop tersebut memberikan pelayanan yang baik kepada pembeli atau tidak. Di sisi lain, sangat penting juga untuk menanyakan lebih detail terkait produk yang akan Anda beli. Tentunya, hal ini akan membuat Anda tidak ragu untuk membeli produk tersebut.

  1. Pilihlah Metode Pembayaran yang Aman

Sistem berbelanja online biasanya menawarkan berbagai metode pembayaran yang bisa Anda pilih. Cara belanja online cod merupakan salah satu tips yang aman digunakan untuk berbelanja online. Hal ini bertujuan untuk menghindari segala bentuk penipuan yang mungkin terjadi. Dengan menggunakan metode pembayaran cod, Anda dapat membayar secara langsung setelah barang diterima.

  1. Memilih Harga yang Rasional

Membeli barang di online shop tentu sangat menarik karena tersedia range harga yang variatif. Namun, jangan mudah tergiur dengan harga yang relatif murah bahkan jauh dari harga pasar. Ini merupakan hal yang patut Anda waspadai. Oleh karena itu, cobalah untuk membandingkan harga di beberapa toko secara bersamaan. Apabila harga yang ditawarkan sangat murah atau tidak sewajarnya pada toko-toko yang lain, besar kemungkinan toko tersebut melakukan penipuan atau menjual barang yang tidak original. Maka pastikan untuk lebih cermat dalam membeli barang di online shop.

Hal tersebut juga berlaku pada barang elektronik, misalnya saja laptop. Banyak produk laptop dari berbagai merek, tentunya dengan harga yang variatif sesuai dengan kualitas yang ada. Jika membeli laptop, jangan mudah tergiur harga yang murah dan jauh dari harga pasaran karena bisa saja produk tersebut palsu.

Nah, untuk memudahkan Anda menentukan laptop yang akan dibeli alangkah baiknya memilih Blibli sebagai e-commerce terpercaya. Blibli menyediakan berbagai jenis merek laptop yang Anda inginkan, selain itu harga laptop yang ditawarkan juga ramah di kantong dan pastinya semua yang dijual merupakan produk original. Temukan  penawaran menarik di Blibli.com!

Bagaimana, semakin yakin untuk membeli laptop di Blibli bukan? Blibli bisa Anda akses melalui aplikasi maupun situs Blibli.com. Eits, sebelum itu jangan lupa untuk memperhatikan tips belanja online yang aman, ya. Selamat berbelanja di Blibli!

  • Whatsapp

Pos terkait