Balita Sembuh dari Corona sudah Pulang dari Rumah Sakit

RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta (dok. kabarkota.com)

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Satu Pasien Dalam Pengawasan (PDP) positif Coronavirus Desease 2019 (Covid-19) telah dinyatakan sembuh dan dipulangkan dari Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Sardjito Yogyakarta.

Kepala Bagian Hukum dan Hubungan Masyarakat (Hukmas) RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta, Banu Hermawan mengatakan, pasien tersebut telah pulang bersama kedua orang tuanya, pada 19 Maret 2020, pukul 15.00 WIB.

Baca Juga:  Ini Kata GKR Mangkubumi soal Pembubaran Sedekah Laut

“Hasil negatif (Covid-19), baik anak dan kedua orang tua,” kata Banu, pada Jumat (20/3/2020).

Sementara Juru Bicara (Jubir) Pemda DIY untuk Penanganan Covid-19, Berty Murtiningsih menjelaskan, pasien yang sembuh tersebut adalah pasien kasus 01 di DIY, balita laki-laki berusia 3 tahun.

“Kasus 01 telah dinyatakan negatif 2 kali, kondisi sehat dan telah diperbolehkan pulang oleh RSS,” ungkap Berty.

Meski telah diperbolehkan pulang, pihaknya mengimbau agar mereka tetap melakukan isolasi mandiri dan dalam pengawasan rumah sakit. Termasuk, mendapatkan edukasi untuk meningkatkan imunitas dengan hidup sehat, serta tetap mengikuti imbauan pemerintah membatasi diri berkumpul, dan keluar rumah.

Baca Juga:  Pusat Perbelanjaan mulai Ramai, Anggota Dewan DIY Minta Aparat Bergerak

Namun selain satu pasien sembuh, ada PDP di Bantul yang meninggal dunia, pada 18 Maret 2020. Hanya saja, hingga pasien dinyatakan meninggal dunia, hasil uji laboratoriumnya belum ada, sehingga belum ada kejelasan statusnya negatif atau positif Covid-19.

Berdasarkan data dari Posko Terpadu Pencegahan dan Penanganan Covid-19 DIY per 20 Maret 2020, pukul 15.30 WIB, total PDP yang sudah diperiksa sebanyak 56 orang. Dari jumlah tersebut, tiga PDP dinyatakan positif Covid-19, 18 PDP negatif, 34 PDP menunggu hasil lab, dan satu PDP positif dinyatakan sembuh. (Ed-01)

Baca Juga:  Musim Penghujan Tiba, Waspadai Berbagai Penyakit Ini