Jadi “Trending Topic” di Google, Siapa Inge Lehmann?

Inge Lehmann (sumber: heavy.com)

YOGYAKARTA (kabarkota.com) -Nama Inge Lehmann menjadi trending di mesin pencari Google pagi ini. Namanya menempati urutan pertama yang telah dicari oleh 20.000 netter di Indonesia. Bahkan, logo Google, Rabu (13/5) bertema inti bumi untuk memperingati Hari Ulang Tahun kelahiran Inge Lehmann yang ke-127. Siapa sosok Lehmann sebenarnya?

Inge Lehmann ForMemRS  adalah penemu inti bumi yang lahir pada 13 Mei 1888 silam di Osterbro, bagian dari Kopenhagen. Ia merupakan keturunan Denmark yang ahli di bidang seismolog. Semasa hidupnya, Lehmann juga sempat meraih gelar calon magisteri dalam ilmu fisika dan matematika selama dua tahun.

Baca Juga:  Masyarakat Bantul Mendukung Peraturan KTR

Saat kembali ke Denmark pada 1923, Lehmann menjadi asisten profesor ilmu aktuaria, JF Steffensen di Universitas Kopenhagen. Kemudian pada tahun 1928, ia juga menjadi geodesist negara dan kepala departemen seismologi di Geodetical Institute Denmark.

Perempuan yang tutup usia pada 21 Februari 1993 ini tetap dikenang publik berkat penemuannya tentang inti bumi pada tahun 1936.

Saat itu ia menyatakan bahwa inti bumi tidak satu lingkup cair, tetapi memiliki inti yang sifarnya berbesa dengan bagian luarnya. (Beritabulukumba.com)

Baca Juga:  Markas Komando Islamic State di Suriah Dibom