Kampus Merdeka, KPU Kota Yogya Gandeng 2 Perguruan Tinggi

Penyerahan MoU antara KPU Kota Yogyakarta dengan dua PT, pada Selasa (8/6/2021). (dok. istimewa)

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Yogyakarta telah manandatangani Memorandum of Understanding (Mou) dengan dua Perguruan Tinggi (PT), pada Selasa (8/6/2021). Dua PT yang dimaksud, yakni Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan (FTI UAD) dan Fakultas
Teknologi Informasi Universitas Kristen Duta Wacana ( FTI UKDW).

Ketua KPU Kota Yogyakarta, Hidayat Widodo mengatakan, MoU tersebut dilakukan dalam rangka peningkatan pelayanan publik KPU Kota Yogyakarta, melalui kolaborasi dengan berbagai pihak.

Menurutnya, Perguruan Tinggi merupakan lembaga pendidikan yang bertujuan mencapai Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan, serta Pengabdian Kepada Masyarakat.
“Disamping itu, sesuai kebijakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI, Perguruan Tinggi juga melaksanakan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM),” kata Hidayat dalam siaran pers yang diterima kabarkota.com, pada Selasa (7/6/2021).

Lebih lanjut Hidayat menjelaskan, MBKM merupakan program yang memberi ruang bagi mahasiswa mengalami, mengamati, dan mempelajari penerapan hasil pembelajaran secara langsung. Sedangkan KPU Kota
Yogyakarta sebagai salah satu mitra tempat belajar mahasiswa untuk menerapkan keilmuan yang telah di terima di kampus, baik FTI UAD maupun FTI UKDW.

Selain itu, pihaknya berharap, kemajuan teknologi dapat digunakan untuk meningkatkan sarana penunjang pemilu. Diantaranya, Sistem Visualisasi Hasil Pemilu, Sistem Pelayanan Pendaftaran Pemilih, Sistem Pendaftaran Badan Ad Hoc, serta Sistem Pelayanan Perkantoran.

“Ruang lingkup dalam kerjasama dengan FTI UAD dan UKDW ini adalah penelitian, magang, sharing knowledge, MBKM, dan Skripsi. Hal ini akan memberikan ruang leluasa bagi kampus dalam menjalankan tujuan Tri Dharma Perguruan Tinggi,” ucapnya. (Ed-01)

Pos terkait