Malaysia Tangkap Belasan Orang Terkait ISIS

Ilustrasi (sumber: abcnews.go.com)

MALAYSIA (kabarkota.com) – Kepolisian Malaysia menangkap 14 orang yang diduga terlibat ISIS (Islamic State in Iraq and Syria), pada Selasa (14/10) waktu setempat.

Tiga dari 14 orang tersebut merupakan tokoh perekrut ISIS yang umumnya menggunakan jejaring sosial, Facebook untuk menarik minat anak-anak muda bergabung dalam kelompok tersebut.

“Kami berhasil menangkap mereka di Shah Alam,” klaim kepolisian Malaysia seperti dilansir BBC, Kamis (16/10).

Baca Juga:  Eksekusi Mati Siti Zaenab, Upaya Pembebasan yang Kandas di Tangan Ahli Waris Korban

ketiga tokoh perekrut itu, sebut Kepolisian Malaysia, merupakan warga Malaysia. Di antaranya, seorang asisten direktur di Kementerian Energi, Teknologi Hijau, dan Air Malaysia yang diduga mendanai para anggota baru ke Suriah.

Selain itu, tokoh berusia 34 tahun yang telah bertempur di Suriah selama empat bulan dan kembali pada April tahun 2014 ini. Ia bertugas menuntun, menyemangati, dan berbagi pengalaman dengan anggota baru.

Baca Juga:  Lembaga Underbow Perserikatan Bangsa-Bangsa Kukuhkan SBY Sebagai Presiden

Sedangkan tokoh ketiga berusia 37 tahun yang menggunakan Facebook untuk mempromosikan misi ISIS, menampilkan materi propaganda ISIS, dan merekrut mahasiswi untuk dikirim ke Suriah.

Selain itu, Kepolisian negeri jiran tersebut juga menahan seorang remaja berusia 14 tahun dan sebuah keluarga yang terdiri dari lima orang.

Sejak April tahun ini, Malaysia telah menangkap 36 orang karena dicurigai terkait dengan ISIS. Namun, para pejabat setempat meyakini setidaknya 30 orang Malaysia sudah bergabung dengan kelompok milisi ini, dan berada di Suriah serta Irak.

Baca Juga:  Laman Bandara di Australia Berisi Pesan Dukung ISIS

SUTRIYATI