Manuskrip Muhammadiyah akan dipamerkan di Yogyakartal

jumpa pers tentang Festival Al Quran di UMY, Senin (8/8/2016). (sutriyati/kabarkota.com)

BANTUL (kabarkota.com) – Manuskrip pendiri Muhammadiyah, Kyai Haji Ahmad Dahlan akan dipamerkan dalam Pameran dan Bazar “Seni dan Budaya Islam” yang merupakan rangkaian kegiatan Festival Al Quran 2016, di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), 9-11 Agustus mendatang

Ketua Umum Festival Al Quran, Ghoffar Ismail, dalam jumpa pers, Senin (8/8/2016), menyebutkan, selain manuskrip milik Muhammadiyah itu, sejumlah miniatur, seperti kabah, Masjidil Haram, dan Masjid Nabawi, serta berbagai pernak-pernik Islam yang didatangkan dari Masjid Istiqlal Jakarta, dan Masjid Agung Semarang, Jawa Tengah juga akan dipamerkan.

Baca Juga:  3 Obyek Wisata ini Paling Padat Pengunjung saat Long Weekend di Yogya

Pihaknya berharap, melalui pameran dan bazar itu nantinya, masyarakat bisa melihat jejak sejarang yang dimiliki sebagai acuan untuk menentukan masa depan umat Islam.

Sementara, Ketua Majelis Dikti PP Muhammadiyah, Lincolin Arsyad berpendapat bahwa sebenarnya Al Quran merupakan “karya seni”, karena jika dibaca akan lebih indah dari puisi.

“Menurut kami, ini akan menggelitik para mahasiswa untuk tidak sekedar menjadikannya sebagai sumber ilmu, tetapi juga mencintai Al Quran, dengan membaca sekaligus dengan terjemahannya,” kata Liqosin.

Baca Juga:  MUI dan Muhammadiyah Sikapi Pembakaran Bendera dengan Kalimat Tauhid

Wakil Rektor III UMY, Sri Atmaja menambahkan, pada Festival Al Quran kali ini juga akan digelar Musabaqah Tilawatil Quran, seminar tentang Al Quran, pertemuan wakil rektor bidang kemahasiswaan seluruh Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) dan Perguruan Tinggi Aisyiyah (PTA) se-Indonesia, pertemuan wakil rektor ataupun lembaga bidang kemahasiswaan dan AIK, pertemuan BPH PTM dn PTA, serta talkshow yang mengangkat isu-isu terkini tentang Islam. (Rep-03/Ed-03)

Baca Juga:  Polair Polda DIY Temukan Illegal Fishing di Pantai Sadeng