Pantai Jogan, Sensasi McWay Waterfall di Gunung Kidul

Pantai Jogan (sumber: yogyakarta.panduanwisata.id)

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Tidak dipungkiri bahwa Gunung Kidul kaya akan wisata alam, khususnya wisata pantai yang membentang di sepanjang laut selatan.

Jika Anda bingung mau ke mana menghabiskan akhir pekan ini, Pantai Jogan di Gunung Kidul bisa menjadi salah satu alternatif tujuan wisata bersama keluarga.

Terletak di wilayah Tepus, Gunung Kidul, atau persis di barat Pantai Siung, pantai Jogan tersembunyi di balik perbukitan karst, di selatan Yogyakarta. Uniknya, pantai satu ini memiliki pesona layaknya McWay Waterfall di california, Amerika karena air terjunnya yang jatuh dari atas tebing langsung ke bibir laut.

Untuk mencapai Pantai Jogja, wisatawan membutuhkan waktu kurang lebih dua jam dari arah Yogyakarta menggunakan kendaraan. Jika sudah sampai di Pos Retribusi Pantai Siung, berarti sekitar 400 meter lagi, Anda akan mendapati papan kayu penunjuk arah menuju Jogan.

Jalan setapak dengan dua sungai kecil di sisi kirinya, menjadi pemandu para wisatawan untuk sampai ke lokasi air terjun. Hanya saja, pemandangan unik ini hanya bisa dinikmati ketika musim penghujan. Sementara saat musim kemarau, debit airnya sangat kecil dan biasanya disedot untuk memenuhi kebutuhan warga sekitar.

guyuran air dari atas itu juga bisa dinikmati, jika Anda ke bawah tebing. Caranya, dengan tehnik canyoning alias rappeling di air terjun, atau menapaki turunan licin yang basah. Jika Anda memilih cara kedua, jangan khawatir, karena di sekitar lokasi turunan juga tersedia kayu-kayu pegangan sebagai penopang tubuh. Namun, kehati-hatian tetap harus dijaga karena jalurnya sangat curam.

Tak cukup hanya sampai di situ, tantangan berikutnya, Anda harus melewati karang yang dihuni oleh ribuan bayi kepiting berwarna transparan berukuran sekitar 5 mm. Meski pun bukan koloni kepiting merah, namun melewatinya dengan kaki telanjang juga bukan perkara sederhana. Bila beruntung, pengunjung juga bisa menyaksikan ratusan kupu-kupu bergerombol di bebatuan kering.

Sesampainya di lokasi bawah air terjun, And akan diguyur segarnya air tawar dari sungai-sungai rahasia perbukitan karst dengan sensasi ala McWay Waterfall. (yogyes.com)

Pos terkait