Tips Membuat Perencanaan Keuangan Jangka Panjang untuk Keluarga

Setiap keluarga tentu ingin memiliki finansial yang sehat di mana terbebas dari utang dan tercukupi untuk segala kebutuhan. Untuk mencapai finansial yang sehat dalam jangka panjang, tentunya dibutuhkan perencanaan keuangan yang baik.

Mulai dari mengatur pendapatan dan pengeluaran dengan bijak. Sehingga dapat terhindar dari utang atau gali lubang tutup lubang.

Dengan melakukan perencanaan keuangan, tentunya keuangan keluarga Anda akan bisa terkelola dengan baik sehingga finansial keluarga lebih sejahtera. Ada banyak faktor yang dapat memengaruhi keuangan keluarga, mulai dari kebutuhan wajib hingga keinginan yang bersifat tambahan.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukan perencanaan keuangan salah satunya adalah dengan memilih asuransi pilihan terbaik untuk keluarga dan lainnya. Mendaftar premi asuransi Takafulink Salam Community bisa menjadi pilihan yang tepat.

Tips Membuat Perencanaan Keuangan Keluarga

Berikut ini beberapa tips lainnya untuk membuat perencanaan keuangan keluarga.

Mencatat Total Pendapatan

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk membuat perencanaan keuangan yaitu dengan mencatat total pendapatan keluarga. Dengan mengetahui catatan pendapatan Anda setiap bulannya, tentunya akan lebih mudah untuk mengalokasikannya untuk pengeluaran setiap bulan.

Pencatatan pendapatan ini tentunya sudah dipotong dari pembayaran tetap seperti asuransi, pajak dan lainnya. Sehingga Anda mendapatkan total pendapatan bersih.

Dengan demikian, Anda bisa mengalokasikan pendapatan untuk menabung serta mengetahui bagaimana kondisi keuangan Anda.

Rutin Membuat Anggaran Belanja

Setelah mendapatkan pendapatan bersih, buatlah alokasi pengeluaran bulanan dalam jangka panjang. Alokasi pengeluaran rutin seperti uang makan, bensin, listrik hingga cicilan dan rekreasi.

Dengan demikian, Anda akan mengetahui secara nyata pengeluaran Anda setiap bulannya. Jangan lupa sisihkan dana untuk disimpan serta untuk pengeluaran tidak terduga.

Menentukan Prioritas Keuangan

Saat sudah berkeluarga, tentunya kebutuhan tidak sama lagi seperti saat masih bujang. Ada banyak kebutuhan yang meningkat sehingga pengeluaran juga semakin banyak.

Maka dari itu, sangat penting untuk mengkomunikasikan masalah keuangan dengan pasangan untuk terhindar dari perselisihan.

Tentukan bersama prioritas keuangan keluarga Anda. Misalnya saja untuk pembayaran cicilan KPR, kendaran, pendidikan anak, asuransi dan lainnya. Dengan begitu, akan terjadi kesepakatan bersama antara Anda dan pasangan soal prioritas keuangan.

Mencatat Secara Detail Semua Pengeluaran

Salah satu cara perencanaan keuangan yang seringkali luput dilakukan adalah mencatat semua pengeluaran secara detail. Padahal dengan melakukan pencatatan pengeluaran, bisa menjadi bahan evaluasi Anda dan pasangan untuk membuat rencana keuangan di bulan depan.

Dari catatan tersebut akan terlihat mana pengeluaran paling banyak dan mana pengeluaran yang sebenarnya tidak perlu.

Untuk melakukannya, Anda bisa memanfaatkan aplikasi manajemen keuangan yang saat ini sudah banyak tersedia di Playstore. Sehingga jadi lebih praktis dan mudah memanajemen keuangan Anda.

Menyiapkan Dana Darurat

Mengapa Anda perlu mempersiapkan dana darurat? Sebab kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi kedepannya. Ketika semisal Anda tiba-tiba di PHK atau tidak lagi memiliki penghasilan bulanan. Adanya dana darurat tentu dapat berguna untuk menjalani kehidupan sehari-hari.

Siapkanlah dana darurat sebanyak 3 sampai 6 bulan ke depan, dengan alokasi 5% hingga 10% dari pendapatan bulanan Anda. Dengan demikian hidup menjadi lebih terorganisir.

Memisahkan Antara Tabungan dan Dana Investasi

Selain perlu menyiapkan dana darurat, jangan lupa juga untuk menyisihkan dana tabungan dan investasi. Kedua dana ini sangat penting untuk mempersiapkan finansial keluarga yang sehat untuk jangka panjang.

Untuk dana investasi sebaiknya Anda pilih yang dapat menghasilkan return dalam waktu tidak terlalu lama. Sehingga Anda mampu mengatur pendapatan lebih fleksibel.

Menyisihkan Dana Asuransi

Perencanaan keuangan yang tidak kalah pentingnya yaitu dengan menyiapkan dana asuransi. Dalam hidup ini tentunya ada begitu banyak hal tidak terduga yang bisa terjadi. Langkah preventif yang bisa Anda ambil yaitu dengan mendaftar asuransi untuk keluarga.

Produk asuransi jiwa Takafulink Salam Community dapat menyempurnakan perencanaan keuangan keluarga Anda.

Selain mampu memberikan manfaat utama yaitu proteksi keuangan atas berbagai risiko hidup dan jaminan biaya kesehatan, asuransi ini juga dikelola dengan prinsip-prinsip syariah.

Demikianlah beberapa perencanaan keuangan yang bisa Anda lakukan untuk kondisi finansial keluarga yang lebih sehat dalam jangka panjang. Semoga bermanfaat!

Pos terkait