Unik, Presiden Nikaragua Tunjuk Istrinya Sebagai Wapres

BBC

MANAGUA (kabarkota.com) – Nikaragua menggelar perhitungan suara dalam pemilu, Ahad (6/11/2016). Hasil sementara menunjukkan 71,3 persen suara berhasil diamankan oleh inkamben Presiden Nikaragua, Daniel Ortega dari 21,3 persen suara yang masuk.

Uniknya, dalam pencalonannya kembali sebagai presiden, Daniel Ortega ternyata memilih istrinya sendiri, Rosario Murillo mendampinginya sebagai wakil presiden untuk periode ketiga.

Ada lima kandidat lain yang ikut memeriahkan bursa calon pemimpin. Namun mereka tampak tak bisa menyaingi Ortega. Sejumlah kelompok oposisi bahkan telah mendesak boikot pemilu. Para kritikus juga menyebut Ortega memanipulasi sistem politik untuk tetap berkuasa.

Baca Juga:  Akhirnya, Hasyim Muzadi Angkat Bicara Soal Demo Penistaan Agama

Daniel Ortega masih cukup populer karena program-program sosial dan stabilitas ekonominya. Ia sudah diprediksi menang kembali karena rivalnya tidak cukup kuat. Apalagi banyak pihak menilai perkembangan ekonomi yang stabil dan rendahnya angka kekerasan membuat Nikaragua lebih sukses dari negara-negara tetangganya seperti El Salvador dan Honduras.

(BBC/Republika/Ed-02)