Berwisata sembari Uji Nyali di Pantai Timang Gunung Kidul

Gondola Tradisional di Pantai Timang Gunung Kidul (sumber: travelblog.ticktab.com)

GUNUNG KIDUL (kabarkota.com) – Berwisata di pantai sembari menikmati deburan ombak atau mandi di laut itu hal yang lumrah dilakukan wisatawan. Tapi, berwisata di pantai sembari menguji adrenalin akan menjadi tantangan tersendiri.

Bagi para petualang, berwisata sembari menguji keberanian adalah hal yang justru mengasyikkan untuk dilakukan.

Pantai Timang di Padukuhan Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, DIY adalah salah satu obyek wisata yang menawarkan tantangan bagi para wisatawan untuk menaiki gondola tradisional.

Dijelaskan di laman hipwee, Gondola tersebut terletak di atas tebing dan dikaitkan tali dengan pancang kayu yang dipasang di sela-sela karang.(Baca juga: Goa Rancang Kencana, Eksotisme Goa Perawan di Gunung Kidul)

Sebenarnya, gondola itu digunakan oleh  nelayan untuk berburu lobster yang ada di Pulau Panjang yang letaknya di seberang pantai. Namun belakangan, para fasilitas tersebut juga bisa dinikmati oleh wisatawan yang berkunjung.

Sensasinya, ketika menaiki gondola kayu itu, para wisatawan akan menyeberangi ganasnya ombak di bawahnya sambil menantang maut. Namun sesampainya ampai di atas karang, wisatawan akan menyaksikan kumpulan nelayan lobster yang tengah sibuk berburu. Ya, karena di kawasan Pantai berpasir putih antara Pantai Siung dan Pantai Sundak ini memang menjadi habibat lobster laut.

Tapi meski peralatannya masih tradisional, pengelola memastikan keamanan wisatawan terjamin saat menaiki gondola tersebut. Mengingat, pihak pengelola rutin melakukan pemeriksaan secara berkala untuk memastikan kelayakan gondola.(Baca juga: Ini Tempat Wisata "Sandboarding" di Yogyakarta)

Hanya saja, akses untuk  menuju pantai ini cukup sulit, karena jalan ke arah pantai ini masih banyak yang belum diaspal karena lokasi pantai ini cukup terpencil.Sementara perjalanan darat dari kota Yogyakarta ke Pantai Timang memerlukan waktu sekitar 3 jam.

Kesulitan lainnya, menurut laman wikipedia, minimnya papan petunjuk arah untuk mencapai lokasi. Karenanya, perjalanan menggunakan sepeda motor akan cenderung lebih memudahkan wisatawan untuk menjangkau Pantai Timang.

Pos terkait