Formatur Kadin DIY Dukung Arsjad Rasjid Sebagai Ketua Umum Kadin Indonesia

  • Whatsapp

SLEMAN (kabarkota.com) – Formatur Kadin DIY memberikan dukungan untuk majunya Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang Pengembangan Pengusaha Nasional, Arsjad Rasjid sebagai Ketua Umum Kadin Indonesia periode 2021 – 2026. Hal tersebut ditegaskan Formatur Kadin DIY, Mirwan Syamsudin Syukur dalam sambutannya di hadapan pengurus Kadin Se-DIY di Hotel Royal Ambarukmo Yogyakarta, Minggu (18/4).

Mirwan juga mengenalkan formatur Kadin yang membersamainya dalam memimpin Kadin DIY dan mendukung Arsjad Rasjid sebagai Ketua Umum Kadin berikutnya.

Bacaan Lainnya

“Di sini hadir pula Formatur Kadin DIY, HR Gonang Djuliastono dan Ir. Endro Kumoro. Sementara Wawan Hermawan belum hadir. Insyaallah kehadiran Calon Ketua Umum Arsjad di kota ini kami tahu semua. Kami menyaksikan dari wajah cerahnya kalau dari sudut pandang lain insyaallah menjadi Ketua Umum. Biasanya kalau Jogja sudah menyatakan begitu banyak jadinya,” kata Mirwan optimis.

Pengurus Kadon Se-DIY berfoto bersama Caketum Arsjad Irsjad, Minggu (18/4)

Menurut Mirwan, Kadin DIY masih belum memiliki susunan pengurus sejak pelaksanaan Musyawarah Daerah (Musda) ke-8 pada 2020, sehingga yang memimpin saat ini adalah Formatur yang terdiri dari Ketua terpilih GKR Mangkubumi, dan empat orang formatur lainnya.

Namun demikian, Mirwan menyatakan bahwa dalam Munas Kadin Indonesia mendatang, Kadin DIY tetap memiliki hak suara untuk memilih kandidat Ketua Umum Kadin yang salah satunya adalah Arsjad Rasjid.

Mirwan menjelaskan, pondok pesantren yang memberikan doanya kepada kepemimpinan Arsjad ini sudah dimulai sejak awal Ramadan di Yogyakarta. Dimulai dari Kabupaten Gunungkidul, Bantul, Sleman, Kota Yogyakarta, dan Kulon Progo.

“Semua sudah menyampaikan doa, membacakan Alquran untuk keselamatan Mas Arsjad untuk memangku jabatan, diberi amanah menjadi Ketua Umum Kadin,” tambah Mirwan.

Kepada wartawan, Arsjad Rasjid yang akan maju sebagai Ketua Umum Kadin Indonesia memaparkan bahwa salah satu program yang akan ia usung ketika nantinya terpilih sebagai Ketum Kadin periode 2021 – 2026 adalah membuat warung inovasi.

Melalui warung inovasi ini nantinya, para pelaku UMKM akan mendapatkan pelatihan, seperti tentang pembukuan secara manual maupun digital sehingga memudahkan mereka untuk mendapatkan akses permodalan dari perbankan. Mengingat, permasalahan yang banyak dihadapi para pelaku UMKM adalah kesulitana akses permodalan.

Sementara terkait dengan upaya membangkitkan ekonomi di tengah pandemi. Arsjad berpendapat bahwa yang terpenting untuk saat ini adalah masalah kesehatan diselesaikan dahulu, salah satunya melalui program vaksinasi untuk masyarakat dan para pelaku usaha.

Arsjad mengungkapkan, Kadin mendorong agar para pengusaha melakukan vaksinasi secara mandiri, sehingga bisa membantu program pemerintah untuk mempercepat penanganan Covid-19.

Dengan vaksinasi mandiri itu, lanjutnya, nantinya pembiayaan vaksinasi untuk karyawan ditanggung oleh masing-masing perusahaan sehingga tidak membebani APBN.

Anggota Kadin DIY menyampaikan harapannya kepada Caketum baru

Anggota Kadin DIY, Hantoro berharap agar Ketum kadin yang baru nantinya bisa memahami persoalan di lapangan. Sekaligus menyampaikan aspirasi anggota di daerah ke pemerintah pusat. (Rep-01/E d01)

  • Whatsapp