Forum PTY UPN Veteran Yogyakarta Tuntut Jadi PNS

Ratusan massa Forum PTY menanti kedatangan wakil rakyat untuk melakukan audensi di DPRD DIY, Senin (23/2) terkait kejelasan status kepegawaian mereka pasca penegerian UPN "Veteran" Yogyakarta. (Sutriyati/kabarkota.com)

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Ratusan pegawai UPN "Veteran" Yogyakarta yang tergabung dalam Forum Pegawai Tetap Yayasan (PTY), mendatangi Kantor DPRD DIY, Senin (23/2). Dalam kedatangannya kali ini, mereka menuntut agar pemerintah segera mengangkat status 412 PTY menjadi PNS, pasca penegrian UPN "Veteran" Yogyakarta, 6 Oktober 2014 lalu.

Ketua Forum PTY UPN "Veteran" Yogyakarta, Dyah Sugandini mengatak problem PTS yang dinegrikan menjadi persoalan serius di dunia pendidikan nasional. Mengingat, hal itu berdampak pada ketidakpastian status kepegawaian yang bertentangan dengan Undang-Undang Tenaga Kerja.

"Undang-Undang Tenaga Kerja menjamin peralihan status kepegawaian jika ada penggabungan perusahaan tanpa mengurangi kesejahteraan pegawai. Namun pada kenyataannya, masih ada PTNB (Perguruan Tinggi Negeri Baru) yang lebih dari 5 tahun status pegawainya tidak jelas," ungkap Dyah.

Pihaknya menganggap hal tersebut menunjukkan ketidaktuntasan pemerintah dalam menyiapkan kebijakan penegrian PTS, sehingga berpotensi menyebabkan penelantaran pegawai dan pelanggaran HAM.

"Kami ingin mendorong pemerintah untuk mengeluarkan peraturan khusus yang bisa memfasilitasi seluruh PTY secara otomatis  menjadi PNS," ucapnya lagi. (Baca juga: Status Tak Jelas, karyawan UPN Veteran Yogya Protes)

Oleh karenanya, Dyah juga meminta agar DPRD dan Gubernur DIY turut memberikan dukungan kepada forum PTY dalam memperjuangkan status kepegawaian ini. Selain itu, imbuh Dyah, pemerintah pusat segera menyelesaiakan proses alih status ini, sebagai upaya penyelamatan institusi pendidikan di DIY.

SUTRIYATI

Pos terkait