Goa Rancang Kencana, Eksotisme Goa Perawan di Gunung Kidul Yogyakarta

  • Whatsapp

Goa Rencang Kencana (sumber: paketwisatajogja.net)

GUNUNG KIDUL (kabarkota.com) – Tak diragukan lagi, Kabupaten Gunung Kidul,DIY merupakan kawasan yang menyimpan potensi wisata alam luar biasa. Mulai dari pantai, puncak gunung, karst, hingga goa.

Bacaan Lainnya

Salah satu goa yang belum banyak dijamah wisatawan alias masih perawan adalah Goa Rancang Kencana / Kencono. Di mana itu?

Ternyata goa ini merupakan obyek wisata yang berada satu kawasan dengan objek Air Terjun Sri Gethuk yang berada di Desa Wisata Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul, DIY.

Terletak sekitar 500 meter dari pos retribusi (TPR), jalan menuju lokasi masih berupa jalan berbatu dan tanah liat. Sesampainya di lokasi parkir, suasana rindang pepohonan besar pun terlihat sangat asri. Ada satu pohon cukup besar yang menjulang di sana. Mulut Goa Rancang Kencana tepat berada di bawah pohon besar tersebut.

Pintu masuk goa ini terletak di bawah permukaan tanah, sehingga untuk memasuki goa ini pengunjung harus menuruni beberapa anak tangga yang berada di depan mulut goa.

Suasana rindang pohon yang berada di tengah jalan masuk serta indahnya bebatuan karst menjadi lokasi yang tepat untuk berfoto mengabadikan momen kunjungan.

Sementara Pada bagian depan goa berbentuk ruangan dengan kubah besar yang belum terlalu gelap, karena masih mendapatkan sinar matahari tak langsung.

Jika ingin menyusuri masuk goa lebih jauh, maka sebaiknya wisatawan menggunakan alat penerangan lantaran kondisi bagian dalam goa yang masih gelap gulita.

Selain itu celah goa cukup sempit sehingga akan sulit jika berjalan tanpa alat penerangan. Tapi, jika pengunjung tak membawa alat penerangan, tak perlu khawatir karena di depan mulut goa biasanya ada sejumlah warga yang  maka jangan khawatir karena di depan mulut goa ada beberapa warga setempat yang menyewakan jasa peminjaman peralatan tersebut.

Lalu berapa harga tiket masuknya untuk bisa menikmati eksotisme goa tersebut? Laman jogjapedia.net melansir, pengelola Desa Wisata. Bleberan menjadikan retribusi goa ini satu paket dengan Air Terjun Sri Gethuk.

Dengan biaya murah, pengunjung sudah bisa menikmati kedua objek wisata ini, bahkan biaya parkir pun gratis. Murah kan?

Goa Rencang Kencana ini tentu bisa menjadi satu alternatif berwisata saat mengisi libur panjang atau saat libur lebaran nanti. Selamat bertualang.