Jelang Lebaran, Pembayaran Gaji ke-13 Ditunda

Ilustrasi (youtube.com)

JAKARTA (kabarkota.com) – Pemerintah melalui Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB) memutuskan untuk menunda pembayaran gaji ke-13 bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang sebelumnya direncanakan berbarengan dengan pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR).

Bacaan Lainnya

Deputi SDM Aparatur KemenpanRB, Setiawan Wangsaatmadja mengatakan, THR atau yang sering disebut gaji ke-14 rencananya akan diberikan terlebih dahulu, pada bulan Juni 2016 kepada seluruh PNS, TNI, POLRI, penerima pensiun, penerima tunjangan, kepala daerah hingga Menteri.

“Kemudian setelah itu gaji ke-13 baru akan diberikan pada bulan Juli,” ucap Setiawan, seperti dilansir laman Kemenpan, baru-baru ini. Penundaan itu dilakukan, lanjutnya, dengan mempertimbangkan kondisi keuangan negara.

Dijelaskan Setiawan, ketentuan mengenai gaji ke-13 dan THR tersebut dituangkan dalam dua Peraturan Pemerintah (PP). Menurutnya, gaji ke-13 sebesar penghasilan sebulan pada bulan Juni 2016. Untuk PNS, anggota TNI/POLRI meliputi gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan/tunjangan umum dan tunjangan kinerja. Sedangkan bagi pejabat negara meliputi gaji pokok, tunjangan keluarga dan tunjangan jabatan.

Adapun untuk THR, akan diberikan sebesar gaji pokok. Namun THR untuk penerima pensiun/tunjangan hanya 50% dari pensiun pokok/tunjangan. (Rep-03/Ed-03)

Pos terkait