Koalisi Merah Putih Siap Amankan Keputusan di DPR Pusat Hingga Daerah

Suasana pertemuan Ketua DPD Golkar se Indonesia di Hotel Inna Garuda Yogyakarta, Ahad (7/9). (Tria/kabarkota.com)

 

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Partai-partai pendukung Prabowo-Hatta yang saat ini telah menandatangani koalisi permanen di Dewan Perwakilan Rakyat siap mengamankan keputusan penting di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Tokoh penggerak koalisi yang juga Ketua Dewan Pertimbangan Partai DPP Golkar, Akbar Tanjung mengatakan, dengan 353 kursi yang diraih partai koalisi bersama Partai Demokrat, keputusan-keputusan penting yang lahir dari DPR dapat ditentukan oleh koalisi tersebut. Asal dilandasi dengan kepentingan negara.

Baca Juga:  AJI Dorong Keterlibatan Kampus Kembangkan Jurnalisme Data

“Ini kekuatan kita yang harus dioptimalkan,” kata Akbar di Hotel Inna Garuda Yogyakarta, Ahad (7/9)

Bahkan jika solid, koalisi yang dibangun di Pilpres 2014 ini akan menentukan arah perpolitikan di Indonesia dari pusat hingga ke daerah hingga lima tahun mendatang.

Oleh karena itu, kata Akbar, Partai Golkar harus konsisten terhadap koalisi dan menentukan posisi di luar pemerintah. Hal ini sekaligus menjadi pembelajaran penting bagi golkar agar semakin dewasa dan matang.

Baca Juga:  Angka Golput Ideologis Diperkirakan Tinggi, Tanggung Jawab Siapa?

Menurut Akbar, saat ini ada fenomena yang dibangun masyarakat yang mendeligitimasi parpol. Padahal parpol adalah pilar demokrasi. Delegitimasi parpol, kata dia, sama dengan deligitimasi terhadap produk-produk politik termasuk pemilihan presiden dan wakil presiden. (tri/din)