Mempermudah Belajar Fisika, Mahasiswa UNY Membuat Komik Fisika Qurani

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Untuk memudahkan pemahaman mata pelajaran fisika pada siswa, sekelompok mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta menawarkan konsep baru dalam pembelajaran fisika, yakni melalui Komik Fisika Qurani. Dengan konsep ini, siswa disentuh dengan moral dan Islami, sehingga dapat dengan mudah termotivasi dan semangat mempelajari fisika.
Rizki Ageng Mardikawati, mahasiswi Prodi Pendidikan Fisika FMIPA UNY yang juga pencetus ide ini mengatakan, ilmu fisika sangat dekat dengan realita kehidupan dan hikmah sehari-hari, sehingga dengan pendekatan komik siswa akan lebih mudah memahaminya.
Baca Juga:  #KamiBersamaSuaraUSU Gelar Aksi di Tugu Yogya
“Efek lain yang didapatkan adalah adanya peningkatan keimanan keislaman bagi pembacanya. Karena ajaran agama Islam tidak hanya mengatur soal ibadah dan aqidah saja, namun segala aspek dalam kehidupan ini, termasuk fenomena fisika,” kata dia.
Rekannya yang ikut membantu pengembangan konsep itu, Dewi Yuliana menambahkan, Komik Fisika Qurani atau disebut Mika-Qu ini dibagi atas Mika-Qu for Kids dan Mika-Qu for Teens. Mika-Qu for Kids diperuntukkan untuk anak-anak prasekolah dan Sekolah Dasar dengan materi penerapan fisika sederhana dalam kehidupan sehari-hari dikaitkan dengan Al-Quran dan hikmah. Sementara Mika-Qu for Teens diperuntukkan untuk siswa SMP dan SMA. 
Baca Juga:  Panut Mulyono, Rektor UGM Terpilih
“Sesuai dengan levelnya, maka akan disajikan penerapan fisika sesuai dengan materi-materi yang relevan di tingkat SMP dan SMA,” tutur Dewi.
Mika-Qu merupakan Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K) yang berhasil meraih dana Dikti. Produk ini bisa didapatkan dengan harga Rp 30.000,00 dengan halaman berwarna, dan Rp 20.000,00 untuk hitam putih. 
“Dengan penggabungan yang cantik antara fisika, inspirasi hikmah Al-Quran dan penyajian, kami optimis usaha ini akan berjalan dan membawa kemanfaatan,” kata Muhammad Fajar Romadhonni dari Prodi Pendidikan Matematika UNY. (mon)
Baca Juga:  Perjuangkan soal UKT, Presma UPN Veteran Yogya sampai Menangis