Parpol Diminta tak Klaim Sepihak soal Kedekatan dengan Muhammadiyah

Pernyataan sikap politik PWM DIY, pada Rabu (19/2/2023). (dok. kabarkota.com)

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Ketua Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik (LHKP) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DIY, Farid Bambang Siswantoro meminta agar Partai Politik (Parpol) tidak mengklaim sepihak terkait kedekatannya dengan Muhammadiyah.

Bacaan Lainnya

Permintaan tersebut disampaikan Farid, dalam salah satu dari lima sikap Muhammadiyah terhadap Parpol 2024 yang disampaikan di kantor PWM DIY, pada Rabu (19/4/2023).

“Muhammadiyah dengan semua Parpol itu adil atau dekat sehingga kami berharap tidak ada satu partai pun yang mengklaim lebih dari yang lain,” tegas Farid kepada wartawan.

Menurutnya, perlakuan yang adil tersebut sebagai bentuk dari kedewasaan sikap bahwa Muhammadiyah menjadi rumah besar bagi semua warganya, terutama yang berada di partai-partai politik.

Bambang mengungkapkan bahwa selama ini, partai-partai politik sudah bersilaturrahim dengan PWM DIY, sejak dua bulan terakhir. Sedangkan untuk calon anggota DPD, Muhammadiyah sudah mengusung satu nama, yakni Ahmad Syauqi Soeratno sebagai representasi daerah dan golongan.

Lebih lanjut Farid menyatakan, Muhammadiyah juga menghargai aspirasi politik masyarakat luas yang disalurkan melalui cara-cara yang patuh terhadap peraturan perundang-undangan dan etika politik.

“Muhammadiyah menyerukan kepada semua pihak untuk mengindahkan kebajikan politik, termasuk dalamnya adalah pencegahan korupsi dan penyelewengan kekuasaan,” tegas mantan komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) DIY ini.

Sebab, anggap Farid, korupsi dan penyelewengan kekuasaan itu akan merusak atau kontraproduktif bagi tujuan dan kebaikan negara dan bangsa ini.

“Muhammadiyah sangat menolak terhadap perilaku koruptif yang dilakukan oleh siapa pun,” ucapnya.

Jadi, kata Farid, Muhammadiyah lebih pada mengusung politik nilai. Dalam arti bahwa Muhammadiyah menekankan agar putra-putrinya menerapkan nilai-nilai luhur, di mana pun mereka berada. (Rep-01)

Pos terkait