Pemerintah Bakal Gelar Simulasi CAT Online untuk Pelamar PNS

JAKARTA (kabarkota.com) – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) akan mengadakan simulasi tes seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada 12 Agustus mendatang. Tes tersebut menggunakan sistem computer assisted test (CAT) yang dapat diakses oleh masyarakat melalui internet.
 
Humas Kemenpan RI dalam rilis resminya menyebutkan, peluncuran simulasi CAT secara online itu bersamaan dengan sosialisasi seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2014 di Istora Senayan, Jakarta. Dalam kesempatan itu juga dilakukan simulasi CAT, serta diskusi bertajuk ‘Seleksi CPNS Bersih, Profesional, dan Tanpa Korupsi (Berprestasi)."
Baca Juga:  PP Muhammadiyah Minta tak Ada Spekulasi soal Teror di Jakarta
 
Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kemenpan RI, Herman Suryatman menjelaskan, dengan aplikasi tersebut, para calon pendaftar CPNS  dapat melakukan latihan soal dengan simulasi CAT di portal utama Kementerian PANRB dan BKN.
“Mereka tidak perlu repot-repot mengikuti rangkaian kegiatan roadshow simulasi tes CPNS dengan sistem  CAT ke sejumlah daerah, atau mengunduh apliaksi CAT di sejumlah situs yang berbayar. Sebab simulasi tidak dipungut biaya,” ujarnya di Jakarta belum lama ini.
Baca Juga:  Ini Hasil Pantauan Bawaslu Sleman dalam Pertemuan Prabowo dengan Warga Muhammadiyah
 
Herman menegaskan, dari pengalaman di berbagai kota besar, simulasi CAT selalu diserbu oleh ribuan peminat, dan sebagian besar tidak tertampung. Daya tampung peserta simulasi, kata dia, maksimal 2.000 orang.
 
Dia menambahkan, meskipun sudah dapat dilaksanakan secara online, namun simulasi CAT di beberapa kota juga masih akan digelar, terutama untuk daerah-daerah yang mengajukan permintaan. 
“Rencananya, sosialisasi juga akan diadakan lagi di Banda Aceh, Maluku, Papua, dan Tanjung Pinang. Namun jadwalnya masih dalam pembahasan,” imbuh Herman. (bay/jid)
Baca Juga:  Skandal Panama Papers Terkuak, Berapa Uang orang Indonesia di Luar Negeri?