Pot Bunga Rusak Setahun, Forpi Minta DPRD Kota Yogya Lakukan Pengawasan Proyek

  • Whatsapp

Pot bunga yang rusak di kawasan jalan Margo Utomo Yogyakarta (dok. forpi)

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Forum Pemantau Independen (Forpi) Pakta Integritas Kota Yogyakarta menyoroti rusaknya fasilitas umum di kawasan Tugu pal putih yang proyeknya baru diresmikan Gubernur DIY, Sultan Hamengku Buwono X, pada Desember 2020 lalu.

Bacaan Lainnya

Anggota Forpi Kota Yogyakarta, Baharuddin Kamba mengatakan, berdasarkan hasil pantauannya pada Selasa (2/3/2021) di sekitar jalan Margo Utomo atau selatan jalur perdestrian tugu pal putih, terdapat dua pot tanaman dari keranjang berwarna hijau yang terlihat rusak.

“Kami menanyakan kepada dua tukang parkir dan satu PKL di sekitar lokasi mengatakan terkait penyebab rusaknya pot tanaman tersebut, ternyata akibat tertabrak mobil sekitar setahun lalu, namun hingga kini belum diperbaiki atau pun diganti,” ungkap Bahar dalam pernyataan tertulis yang diterima kabarkota.com, Selasa (2/3/2021).

Bahar juga mengaku, pihaknya telah mengonfirmasikan hal tersebut ke Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kota Yogyakarta. Pihak DPUPKP berdalih bahwa proyek tahun 2018 tersebut bukan dikerjakan oleh DPUPKP Kota Yogyakarta, melainkan Dinas PUESDM DIY.

Oleh karenanya, Forpi Kota Yogyakarta meminta agar Dinas PUPKP Kota Yogyakarta segera berkoordinasi dengan Dinas PUESDM Propinsi DIY untuk memperbaiki pot-pot yang rusak tersebut.

Selain itu, Bahar juga berharap agar komisi C DPRD Kota Yogyakarta sebagai mitra DPUPKP Kota Yogyakarta dapat dijalankan fungsi pengawasan secara maksimal.

“Jika perlu pengawasan dilakukan di lokasi pengerjaan proyek di Kota Yogyakarta,” tegasnya. (Ed-01)