Prihatin Beragam Kasus Korupsi, Aktivis JCW Gelar Aksi Tunggal di Stadion Mandala Krida

Aksi tunggal aktivis JCW, Baharuddin Kamba di depan Stadion Mandala Krida Yogyakarta, Kamis (26/11/2020). (dok. istimewa)

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Seorang lelaki bertopeng spiderman dengan menenteng lobster dan segepok uang mainan berdiri di depan pintu gerbang Stadion Mandala Krida Yogyakarta, Kamis (26/11/2020).

Adalah Baharuddin Kamba, seorang aktivis antikorupsi dari Jogja Corruption Watch (JCW) yang menggelar aksi tunggal tersebut.

Menurutnya, aksi kali ini sebagai bentuk dukungan terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang saat ini tengah melakukan penyidikan terhadap sejumlah kasus dugaan korupsi. Mulai dari kasus dugaan korupsi yang menjerat Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Edhy Prabowo, hingga dugaan korupsi proyek pembangunan stadion Mandala Krida di Yogyakarta.

Baca Juga:  10 Kunci Sukses jadi Pengusaha ala Nurul Atik

“uang mainan ini sebagai simbol bahwa ternyata masih ada pejabat setingkat menteri di era presiden Jokowi – Makruf Amin yang terlibat korupsi,” ungkap Bahar dalam pernyataan tertulis yang diterima kabarkota.com, Kamis (26/11/2020).

Sementara mainan lobster yang ia bawa sebagai bentuk keprihatinan atas tertangkapnya Menteri KKP dalam dugaan kasus izin ekspor beni lobster.

Dalam aksinya, Bahar juga memakai topeng super hero spiderman dan kapten Amerika, dengan harapan akan muncul penegak hukum yang berani memberantas korupsi di tanah air, tanpa pandang bulu.

Baca Juga:  Hadapi Pandemi Corona, Pemda DIY akan Beri Kelonggaran Penggunaan Transportasi Umum Perjalanan Jarak Jauh

“Harapan saya, penyidik senior KPK, Novel Baswedan dapat menjadi Ketua Tim Satgas di KPK untuk menangkap buronan KPK, eks caleg DPR RI PDI Perjuangan, Harun Masuki agar segera ditangkap,” kata dia.

Lebih lanjut pihaknya juga mendorong agar KPK juga mengusut tuntas kasus dugaan korupsi pembangunan stadion Mandala Krida Yogyakarta yang menggunakan dana APBD 2016/2017 senilai lebih dari Rp 86 Miliar.

Baca Juga:  Pendaftaran Calon Pimpinan KPK Dibuka, Pansel Jaring Masukan dan Partisipasi Publik di Yogya

“Jangan sampai tenggelam proses hukumnya gegara penangkapan Menteri Edhy Prabowo. Segera saja diumumkan ke publik nama-nama tersangka yang terlibat dalam kasus stadion Mandala Krida Yogyakarta termasuk apakah ada aliran dana yang mengalir ke pihak lain dalam kasus ini,” pintanya. (Ed-01)