Vladimir Putin Kandidat Penerima Nobel Perdamaian 2014

OSLO (kabarkota.com) – Bersama 278 kandidat, Presiden Rusia Vladimir Putir dinominasikan menjadi penerima penghargaan Nobel Perdamaian 2014. Demikian dirilis Norwegian Nobel Institute Geir Lundestad, Rabu (5/3).

Seperti diberitakan kantor berita Rusia, ITAR-TASS, jumlah tokoh yang menjadi calon penerima Nobel Perdamaian merupakan rekor sendiri, yaitu 278 tokoh. Mereka antara lain terdiri dari politikus, aktivis dan organisasi sosial, seperti Edward Snowden dan Pope Perancis.

Baca Juga:  Pasukan Korea Utara Siap Perang

Komisi Nobel akan mengumumkan penerima penghargaan ini pada pertengahan Oktober 2014. Masuknya Putin sebagai nominee penerima Nobel Peace Prize tidak hanya tahun ini, juga 2013.

Tahun lalu jumlah tokoh yang dinominasikan sebanyak 259 orang. Selain Putin adalah Denis Mukwege (Kongo), Malala Yousafzai (Pakistan), Edward Snowden, Bradley Manning (AS), dan pemilik WikiLeaks Julian Assange. Penerima ketika itu adalah Organization for the Prohibition of Chemical Weapons (OPCW) atau Organisasi untuk Pelarangan Senjata Kimia.

Baca Juga:  Presiden Obama Remehkan Vladimir Putin

Penghargaan Nobel Perdamaian adalah satu dari lima Nobel Prize yang diadakan atas permintaan penemu dan industrialis Swedia, Alfred Nobel. Diberikan kepada orang yang paling giat melaksanakan hubungan internasional, pendiri pergerakan perdamaian, atau berusaha mengurangi atau melenyapkan peperangan.

Penghargaan Nobel Fisika, Kimia, Medis, dan Sastra diberikan tiap tahun di Stockholm, Swedia. Sedangkan Nobel Perdamaian diberikan di Oslo, Norwegia. Anggota Komite Nobel Norwegia dipilih oleh parlemen Norwegia. (ITAR-TASS/tya)

Baca Juga:  Perempat Final Liga Champions: Porto Hantam Munchen